Kamis, 21 Des 2017 11:48 WIB

Percaya Atau Tidak, Makan Sayuran Bisa Membuat Otak Awet Muda Lho

Widiya Wiyanti - detikHealth
Mengonsumsi sayuran hijau bisa membuat otak lebih muda 11 tahun. Foto: iStock
Jakarta - Kebanyakan orang tidak suka mengonsumsi sayur-sayuran karena tidak enak ataupun tidak ada rasanya. Sayang sekali, padahal penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center di Chicago menunjukkan keuntungannya mengonsumsi sayuran terutama sayuran hijau.

Dikutip dari New York Post, penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak sayuran hijau bisa membuat otak 11 tahun lebih muda dari biasanya.

"Sayuran berdaun hijau bisa menjadi cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan otak," ujar salah satu peneliti, Martha Clare Morris.

Baca juga: 8 Makanan Sehat untuk Mencegah Stroke

Penelitian ini mengikutsertakan 960 orang sehat dengan usia berkisar 81 tahun selama lima tahun lamanya. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi setidaknya satu porsi bayam, kangkung, dan selada sehari memiliki kapasitas mental yang lebih baik dibandingkan yang tidak pernah atau jarang mengonsumsi sayuran hijau.

Dalam kemampuan berpikir dan tes memori, peneliti menemukan bahwa mereka juga memiliki otak lebih muda dikarenakan vitamin-vitamin pada sayuran yang memengaruhinya.

"Ini menambah bukti adanya hubungan erat antara makanan yang kaya akan sayuran dan otak yang sehat," tutup dr Sara Imarisio dari Alzheimer's Research UK.

Baca juga: Ini Daftar Sayuran Bergizi yang Perlu Disertakan dalam Diet Anda



(wdw/up)