Kamis, 21 Des 2017 12:05 WIB

Malas Cuci Seprai, Ratusan Kutu Bersemayan di Bulu Mata Wanita Ini

Firdaus Anwar - detikHealth
Apa yang mungkin terlihat seperti ketombe atau debu putih sebetulnya adalah kutu yang menempel di bulu mata. (Foto: 9gag/asiawire) Apa yang mungkin terlihat seperti ketombe atau debu putih sebetulnya adalah kutu yang menempel di bulu mata. (Foto: 9gag/asiawire)
Jakarta - Kalau kamu perlu pengingat kenapa kita harus rutin mengganti sarung bantal, guling, dan seprai simak saja kisah seorang pasien wanita dari Wuhan, China, ini. Dokter menemukan bulu matanya dipenuhi oleh parasit kutu yang berjumlah ratusan ekor.

Dikutip dari The Sun pada Kamis (21/12/2017), sang pasien wanita yang dipanggil Xu mengaku bahwa matanya sudah terasa gatal sejak dua tahun yang lalu. Hanya saja ia tidak pernah ke dokter dan berusaha membiasakan diri dengan bantuan obat tetes mata.

Hasil piemeriksaan dokter menemukan lebih dari 100 ekor kutu di bulu mata sang wanita.Hasil piemeriksaan dokter menemukan lebih dari 100 ekor kutu di bulu mata sang wanita. (Foto: 9gag/asiawire)


Baca juga: Jepretan Akrobat Kutu Parasit di Rambut Kemaluan Seorang Pria

Namun lama-lama kelopak mata Xu membengkak dan ia kesulitan untuk membukanya. Saat itu juga ia menemui dokter yang lewat pemeriksaan menemukan lebih dari 100 ekor parasit kutu di bulu mata.

Lebih detail satu folikel bulu mata Xu bisa ditempati hingga 10 ekor kutu. Apa yang mungkin terlihat seperti ketombe atau debu putih sebetulnya adalah kutu yang sedang menempel di bulu mata.

Karena parasit kutu tersebut Xu didiagnosa dengan kondisi radang kelopak mata (blefaritis) dan radang konjungtiva (konjungtivitis).

Ketika ditanya tentang kebersihan diri, Xu mengaku sudah lima tahun tidak mengganti seprai dan sarung guling bantalnya. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa ventilasi kamar Xu ternyata tidak begitu baik membuat kutu dapat berkembang biak dengan subur.

Dikutip dari Daily Mail, Xu dilaporkan mendapat obat untuk membasmi kutu dan meredakan peradangan. Ia kini diketahui sudah sembuh dari kondisinya.

Baca juga: Kecil-kecil Berbahaya! 5 Kutu yang Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan

(fds/up)