Kamis, 21 Des 2017 15:36 WIB

Kata Dokter Soal Perdarahan di Mata Akibat Main Gadget

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Facebook Foto: Facebook
Jakarta - Sebuah postingan ibu yang anaknya mengalami perdarahan di bola diduga karena keseringan main gadget viral di Facebook. Dokter mengatakan kondisi ini bisa jadi adalah perdarahan subkonjungtiva.

dr Arini Safira Nurul Akbar, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) Cinere, mengatakan jika dilihat berdasarkan foto yang beredar, ada bercak merah memanjang di bagian putih mata anak tersebut. Sekilas hal ini mirip dengan perdarahan pada subkonjungtiva mata.

"Jadi putih di mata itu namanya sklera. Nah di dalamnya itu ada lapisan tipis yang disebut konjungtiva. Di konjungtiva ini ada pembuluh-pembuluh darah tipis yang memang rentan sekali pecah," tutur wanita yang akrab disapa dr Fira ini kepada detikHealth, saat acara peresmian JEC Klinik Mata Utama Cinere, Cinere, Depok, Kamis (21/12/2017).

Dikatakan dr Fira, bercak merah yang terlihat di bagian putih mata anak tersebut bisa saja terjadi karena pembuluh darah di konjungtiva pecah, atau disebut juga subconjunctival bleeding. Meski begitu, dr Fira mengatakan penyebab perdarahan ini bukanlah akibat bermain gadget terlalu lama.

"Kalau karena main gadgetnya sih jarang sekali menyebabkan subconjunctival bleeding. subconjunctival bleeding itu biasanya karena trauma, benturan, atau mengucek mata terlalu keras," tambahnya lagi.

Baca juga: Diduga Keseringan Main Gadget, Mata Si Kecil Alami Perdarahan

Meski begitu, ia menambahkan bahwa penggunaan gadget terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, terutama pada anak-anak. Mata yang kering biasanya akan mudah gatal, dan mendorong anak untuk lebih sering mengucek matanya.

"Jadi bisa saja karena kelamaan main gadget, matanya jadi kering dan gatal, lalu ngucek matanya terlalu keras, makanya perdarahan," paparnya lagi.

Untuk itu ia mengingatkan agar pemakaian gadget, baik itu smartphone maupun layar monitor komputer dan televisi, sebaiknya dibatasi. Dengan begitu, mata tidak mudah kering dan menyebabkan gatal hingga harus dikucek.

Baca juga: Beredar Video Seorang Kakek Diduga Gangguan Jiwa Diikat di Tiang

(mrs/up)