Selasa, 26 Des 2017 09:05 WIB

Trik Simpel Mengatasi Perut Kembung karena Makan Berlebihan Saat Liburan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Makanan enak yang tersaji selama libur rasanya sayang untuk dilewatkan. Tapi ketika berlebihan, perut kembung dan begah adalah salah satu efek sampingnya. Foto: thinkstock
Jakarta - Makanan enak yang tersaji selama libur rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tapi ketika berlebihan, perut kembung dan begah adalah salah satu efek sampingnya.

Beberapa cara untuk mengurangi begah ketika makan berlebihan seperti dirangkum dari berbagai sumber antara lain sebagai berikut.

1. Minum air hangat
Asupan cairan yang cukup akan membuat sistem metabolisme berfungsi dengan lebih baik. Memenuhi kebutuhan tersebut dengan segelas air hangat akan membuat perut terasa lebih nyaman.

2. Olahraga ringan
Kontraksi otot inti tubuh atau core muscle bisa memberi tekanan di sekitar perut sehingga gas di dalamnya terdorong keluar. Trik ini bisa melengkapi upaya lainnya.

Begah karena kebanyakan makan saat liburan bisa diatasi dengan cara-cara iniBegah karena kebanyakan makan saat liburan bisa diatasi dengan cara-cara ini Foto: Getty Images


Baca juga: 5 Makanan untuk Mengurangi Perut Kembung

3. Hindari olahan susu
Salah satu penyebab utama perut begah adalah intoleransi laktosa. Jika meyakini itu sebagai penyebabnya, maka cara paling mudah adalah dengan menghindarinya.

4. Jaga asupan serat
Solusi tunggal untuk berbagai masalah pada sistem pencernaan adalah asupan serat yang cukup. Tidak hanya mengurangi begah, serat juga melancarkan buang air besar dan membantu membersihkan racun-racun di usus.

Baca juga: Bagikan Pengalaman Diet Sehat Kamu, Dapatkan Hadiah Voucher Belanja

(up/up)