Selasa, 26 Des 2017 12:07 WIB

Tips Sehat Akhir Tahun

Ini Keuntungan Memaksimalkan Liburan dengan Berolahraga

Suherni Sulaeman - detikHealth
Memasuki libur akhir tahun Anda biasanya sudah merencanakan hal-hal seru. Tapi, apapun itu jangan lupa untuk memanfaatkan kesempatan tersebut dengan berolahraga. Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Memasuki libur akhir tahun. Biasanya ada hal-hal seru yang sudah direncanakan dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Tetapi, apapun itu, jangan lupa untuk memanfaatkan momen liburan dengan berolahraga.

Sebab, tubuh harus selalu fit agar dapat menikmati liburan, bukan? Lagi pula, saat liburan, Anda bisa memaksimalkan kesempatan tersebut untuk memperbaiki gaya hidup.

"Memaksimalkan liburan untuk memperbaiki gaya hidup tentunya bisa. Kita tahu bahwa dengan berlibur, biasanya kita jalan-jalan, menikmati pemandangan, berusaha mencari tempat terbaik untuk bisa selfie, dan biasanya kita terpaksa harus mendaki ataupun berjalan jauh," kata dokter spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO.

Baca juga: Trik Simpel Mengatasi Perut Kembung karena Makan Berlebihan Saat Liburan

dr Michael mengatakan, peningkatan aktivitas fisik seperti ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Pasalnya, jalan-jalan atau berjalan tersebut merupakan salah satu jenis olahraga aerobik yang dilakukan secara intensitas rendah dan dilakukan berulang-ulang untuk waktu yang panjang.

Nah, keuntungan dari peningkatan kebugaran tersebut, menurut dokter yang berpraktik di Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta adalah tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan juga dapat menghilangkan rasa bosan karena suatu pekerjaan yang bersifat monoton.

"Hal ini dapat memberikan dampak positif dalam pekerjaan sehari-hari kita nantinya, di mana setelah berlibur kita menjadi lebih termotivasi dalam melakukan pekerjaan kita berikutnya," pungkas dr Michael.

Baca juga: Rekomendasi Ahli Gizi untuk Memangkas Kolesterol dalam 7 Hari (hrn/up)