Rabu, 27 Des 2017 11:32 WIB

Ingat! Jangan Konsumsi Ini Jika Ingin Panjang Umur

Widiya Wiyanti - detikHealth
Hindari makanan tidak sehat ini supaya tetap sehat dan berumur panjang. Foto: ilustrasi/thinkstock Hindari makanan tidak sehat ini supaya tetap sehat dan berumur panjang. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Umur panjang adalah keinginan setiap orang. Salah satu faktor yang memengaruhinya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Pernah dengar istilah 'you are what you eat'?

Kamu adalah yang kamu makan, itu mencerminkan tubuh sehat berasal dari makanan yang sehat pula. Maka dari itu, menghindari makanan yang tidak sehat itu sangat diperlukan untuk mendapati umur panjang.

Dilansir dari The List, makanan dan minuman ini yang harus kamu hindari agar selalu sehat dan berumur panjang.

1. Daging olahan

Hampir semua orang pasti pernah mengonsumsi daging olahan, seperti sosis, ham, dan kornet. Makanan ini memang mudah untuk disajikan dalam hitungan menit saja, tapi kita juga harus mengetahui bahayanya jika daging olahan ini masuk ke dalam tubuh kita.

Seorang ahli gizi klinis, Jennifer Clemente mengatakan bahwa mengonsumsi daging olahan secara berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan pada tubuh. "Konsumsi berlebihan (daging olahan) mengubah komposisi mikroba usus mikro, menyebabkan ketidakseimbangan yang dapat menggeser tubuh ke kondisi peradangan kronis," ujarnya.

Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa daging olahan seperti ini dapat menyebabkan kanker karena mengandung karsinogenik.

Baca juga: Berbagai Pilihan Makanan Sehat Agar Tetap Sehat Saat Natal

2. Pemanis buatan

Makanan dan minuman manis memang sangat menggiurkan, dapat mengubah mood menjadi baik, bahkan bisa mengurangi stres. Namun tahukah kamu jika berlebihan mengonsumsi pemanis buatan itu tidak membuat tubuh menjadi sehat?

Menurut dokter chiropractic dan ahli nutrisi klinis, dr Scott Schreiber menjelaskan bahwa pemanis buatan dapat memicu berbagai penyakit. "Pemanis buatan telah terlibat dalam diabetes, penurunan neurologis, masalah hati, dan lain-lain. Pemanis buatan juga terbukti memicu disbiosis atau ketidakseimbangan tingkat bakteri pelindung mikroba usus," katanya.

3. Produk susu

Ini menimbulkan pro dan kontra mengenai susu baik atau tidak bagi kesehatan. Kandungan kalsium di dalamnya memang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang, namun di dalamnya juga mengandung lemak jenuh, gula, residu antibiotik yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan.

"Ini membuat sistem pencernaan yang tidak baik, berkontribusi pada penyakit jantung, diabetes, jerawat, dan penambahan berat badan," jelas Jennifer Clemente.

4. Soda

Tidak dipungkiri bahwa soda bukanlah minuman yang menyehatkan. Tapi namanya juga manusia, sudah tahu tidak menyehatkan tetap saja diminum. Soda mengandung kadar gula yang tingi yang berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes.

"Minum soda pada dasarnya seperti meminum gula sederhana yang dikombinasikan dengan bahan kimia. Karena gula sederhana itu menyebabkan respon insulin cepat (dengan lonjakan gula darah)," kata psikolog klinis dan ahli nutrisi bersertifikat, dr Candice Seti.

Seti menambahkan bahwa mengonsumsi soda berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin dan sindrom metabolik. Ia juga menghubungkan dengan risiko demensia, asam urat, penyakit jantung, dan obesitas.

Baca juga: Pilihan Makan Siang Rendah Kalori untuk Kamu yang Sedang Diet

5. Makanan yang digoreng

Kita tidak bisa menampikkan kelezatan kentang goreng, ayam goreng, dan semua makanan yang digorenga. Tapi harus diwaspadai, makanan yang digoreng pasti mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak jenuh berasal dari produk hewani, tetapi beberapa produk juga berasal dari nabati, seperti minyak kelapa dan minyak sawit. Sedangkan lemak trans adalah lemak tak jenuh yang dihidrogenasi, yaitu proses pengubahan minyak cair menjadi lemak padat.

Lemak trans ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Maka dari itu, kurangilah mengonsumsi makanan yang digoreng.


(wdw/up)
News Feed