Sabtu, 30 Des 2017 07:11 WIB

Percaya Nggak? Tubuh Punya 'Timbangan' yang Bisa Cegah Kegemukan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sebuah penelitian mengungkap adanya timbangan internal di dalam tubuh. Foto: thinkstock Sebuah penelitian mengungkap adanya 'timbangan internal' di dalam tubuh. Foto: thinkstock
Jakarta - Sebuah penelitian mengungkap adanya 'timbangan internal' di dalam tubuh. Sistem ini disebut-sebut berfungsi untuk mengidentifikasi peningkatan berat badan.

Penelitian yang dilakukan di University of Gothenburg tersebut baru dilakukan pada tikus. Jika hal yang sama berlaku juga pada tubuh manusia, mapa para ilmuwan meyakini bisa mengontrol risiko kegemukan.

"Jika berat badan cenderung meningkat, sinyal muncul di otak untuk mengurangi asupan makan sehingga berat badan stabil," kata sang ilmuwan, John-Olov Jansson, dikutip dari Livescience.

Dalam penelitian tersebut, Jansson menanamkan kapsul ke dalam perut tikus-tikus yang mengalami kelebihan berat badan. Separuh dari tikus-tikus tersebut mendapat kapsul seberat 15 persen dari berat badannya, dan sisanya mendapat kapsul kosong yang lebih ringan.

Baca juga: Libur Telah Tiba! Ayo Olahraga Biar Cantik dan Bugar Seperti Tasya Kamila

Setelah dua pekan, kedua kelompok tikus teramati punya total berat badan yang sama. Artinya, tikus yang mendapat kapsul yang lebih berat mengalami penyusutan lemak hingga setara dengan 80 persen.

Dalam pengamatan lebih lanjut, para ilmuwan mengkonfirmasi adalah sensor berat di dalam otak para tikus. Pada manusia, diyakini sensor serupa bekerja dengan kurang akurat ketika seseorang lebih banyak duduk. Itu sebabnya, banyak duduk menyebabkan seseorang cepat gemuk.

Baca juga: Bagikan Pengalaman Diet Sehat Kamu, Dapatkan Hadiah Voucher Belanja

(up/up)
News Feed