Minggu, 31 Des 2017 08:37 WIB

Tips Sehat Akhir Tahun

Hendak Begadang di Malam Tahun Baru? Begini Persiapannya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Foto: dok. thikstock
Jakarta - Pergantian tahun baru tinggal menghitung hari. Biasanya kebanyakan orang berniat begadang bersama teman-teman untuk menyambut tahun baru. Akan tetapi, sudah jamak diketahui begadang kurang baik bagi kesehatan. Karena itu perlu persiapan agar kesehatan tetap terjaga.

dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan bahwa sesekali begadang di malam tahun baru, masih bisa dimaklumi asal tidak sambil mengendarai kendaraan. Sebab menurutnya, mengantuk sama bahayanya dengan mabuk.

"Tidur malam silakan, sesekali nggak apa-apa," ujar dr Ade, sapaan akrabnya, saat dihubungi detikHealth.

Menurut dr Ade, jika memang berencana begadang di malam tahun baru, persiapan khusus yang bisa dilakukan adalah tidur cukup satu minggu sebelumnya. Namun, ia mengatakan, pada orang yang memiliki diabetes sebaiknya tidak perlu begadang.

"Untuk orang diabetes jangan begadang, kalau kurang tidur gula darah bisa naik," tegas dr Ade.

Baca juga: Ayo Segera Tidur, Ini Risikonya Kalau Sering Begadang



Sementara itu, menurut dr Ayu Yuni Andini dari Klinik Cempaka Putih beberapa waktu lalu, karena begadang pada malam pergantian tahun baru akan mengurangi jatah tidur. Menggantinya dengan tidur siang masih cukup efektif.

"Sebenarnya lumayan efektif walaupun fungsi tidur malam sebenarnya tidak bisa digantikan oleh tidur siang (misalnya pada saat tidur malam tubuh akan berelaksasi dan sel-sel akan beregenerasi), jadi semata-mata tidur siang di sini hanya untuk bisa terjaga di malam hari," imbuh dr Ayu.

Pastinya, setelah begadang sebaiknya jangan memaksakan diri untuk beraktivitas di pagi harinya. Jika terlalu banyak aktivitas di pagi hari saat jam tidur malamnya kurang berisiko mengakibatkan pusing, sakit kepala bahkan sampai mual. Kalau memungkinkan, menjelang pagi dianjurkan untuk tidur sejenak dulu paling tidak 1-2 jam sebelum beraktivitas.



Baca juga: Pulihkan Tubuh Setelah Begadang dengan Cara Ini

(hrn/up)