Minggu, 31 Des 2017 14:55 WIB

Mau Berhasil Diet di Tahun 2018? Catat Saran Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ingin berhasil menerapkan diet di tahun baru? Catat pesan dokter ini. Foto: ilustrasi/thinkstock Ingin berhasil menerapkan diet di tahun baru? Catat pesan dokter ini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pergantian tahun tinggal hitungan jam, itu artinya kita harus siap untuk mewujudkan semua resolusi yang sudah dibuat. Bisa jadi diet menjadi salah satu di antaranya.

Tapi diet harus dilakukan dengan benar agar tidak gagal. Karena di tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali orang yang mengaku gagal menerapkan diet dan berat badan pun gagal terpangkas.

Nah, pakar pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH berbagi saran untuk mencapai keberhasilan menerapkan diet jenis apapun.

"Prinsipnya dalam kita melakukan diet itu harus konsisten, kemudian juga tetap kontrol terus berat badannya, dan olahraga yang teratur," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: Ingin Mulai Diet di Tahun Baru? Baca Dulu Saran Dokter

Kekonsistenan dalam menerapkan diet adalah hal yang paling penting menurut dr Ari. Karena kebanyakan orang semangat dietnya akan luntur seiring berjalannya waktu. Bahkan ketika menunjukkan keberhasilan, sebagian orang justru meninggalkan dietnya, yang bisa berdampak pada kenaikan berat badan kembali.

"Kebanyakan orang itu diet angin-anginan, di awal semangat lama-lama lupa lagi. Maka butuh konsisten untuk terus menerus diet sampai nanti-nanti," imbuh dr Ari.

Dokter yang juga menjabat sebagai dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga menyarankan untuk tetap mengonsumsi gizi seimbang selama diet. Di antaranya mengurangi lemak dan karbohidrat, serta memperbanyak sayur dan buah-buahan.

Baca juga: Sedih Banget! Gara-gara Sakit Hati, Termotivasi Diet Hingga Susut 42 Kg



(wdw/up)