Selasa, 02 Jan 2018 16:01 WIB

Pria Tidak Terlalu Peduli pada Resolusi Dibanding Wanita, Benarkah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Menurut survei, pria lebih tidak peduli pada resolusi untuk menjadi lebih baik di tahun baru. Foto: thinkstock Menurut survei, pria lebih tidak peduli pada resolusi untuk menjadi lebih baik di tahun baru. Foto: thinkstock
Jakarta - Tahun telah berganti, kebanyakan orang ingin menjadi pribadi yang lebih baik daripada tahun sebelumnya dengan membuat berbagai resolusi. Namun sebuah survei menemukan bahwa wanita lebih peduli pada resolusi untuk memperbaiki diri ketimbang pria.

Survei yang baru dari YouGov ini mengikutsertakan beberapa orang Amerika, baik wanita maupun pria. Hasilnya, 42 persen wanita berusia 18 tahun ke atas berjanji akan lebih banyak menabung, sedangkan pria hanya 31 persen. Dalam hal resolusi sehat dengan mengubah gaya hidup dan rajin berolahraga, hasilnya wanita 41 persen dan pria 33 persen.

Mengapa pria terkesan lebih tidak peduli pada resolusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru? Menurut psikolog di Long Island Jewish Medical Center di New York, Jessy Warner-Cohen, salah satu alasannya adalah karena wanita lebih nyaman dan terbuka untuk mendiskusikan masalah terkait dengan tubuhnya.

"Ada literatur yang cukup luas yang menunjukkan bahwa wanita lebih banyak mencari bantuan daripada pria, apakah itu masalah kesehatan, masalah mental, atau masalah perawatan diri," ujarnya dikutip dari New York Post.

Baca juga: Video: Ini Resolusi Sehat Warga Jakarta di 2018

Penelitian sebelumnya tahun 2014 dari Rumah Sakit St. Michael dan Institute for Clinical Evaluative Science juga menunjukkan bahwa wanita dengan penyakit fisik kronis, 10 persen lebih mungkin untuk mencari dukungan untuk masalah kesehatan mental daripada pria dengan penyakit serupa.

Seorang ilmuwan, Clarissa Silva mengatakan bahwa wanita lebih teliti dan cenderung menetapkan berbagai macam prioritas dibandingkan pria. Secara finansial pun, wanita lebih memerhatikan keuangannya.

Itu lah alasannya mengapa wanita lebih peduli pada pribadi dan kehidupan yang lebih baik di tahun baru daripada pria.

Baca juga: Alasan Penting Memasukkan Tidur Sehat dalam Resolusi 2018


(wdw/up)
News Feed