ADVERTISEMENT

Rabu, 03 Jan 2018 13:03 WIB

Alami Post-Holiday Blues, Begini Cara Mengatasinya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ada beberapa cara untuk mengatasi post-holiday blues, salah satu di antaranya adalah mengatur jadwal liburan berikutnya. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sehabis liburan biasanya orang-orang akan merasa sangat senang dan bersemangat serta menantikan liburan berikutnya. Namun ternyata ada yang mengalami hal sebaliknya.

Seperti karyawan di salah satu perusahaan swasta di Jakarta, Edu (25) yang mengalami hal berkebalikan pasca liburan panjang. "Pas habis liburan panjang rasanya malas masuk kerja, pengennya leyeh-leyeh saja di kasur," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (3/1/2018).

Hal itu disebut dengan post-holiday blues atau blues pasca liburan, di mana orang yang mengalaminya merasa depresi ringan yang menyebabkan perasaan tidak semangat untuk melakukan rutinitas sehari-hari yang penuh dengan tekanan dan kelelahan.

Sindrom ini membuat seseorang bisa menjadi tak karuan. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi post-holiday blues ini? Dikutip dari Daily Mail, begini caranya.

Baca juga: Tidak Bersemangat Pasca Liburan, Bisa Jadi Post-Holiday Blues

1. Buat jadwal untuk liburan selanjutnya

Tidak dipungkiri bahwa liburan adalah hal yang paling dinanti dan membuat semua orang bahagia. Maka dari itu, menurut psikolog klinis dari Australia, Jaimie Bloch, jika seseorang mengalami post-holiday blues sebaiknya segera rancang jadwal untuk liburan selanjutnya dalam waktu dekat.

"Penelitian tentang bagaimana kita mengalami kesenangan dan kegembiraan telah menemukan bahwa antisipasi sesuatu dapat menghasilkan tingkat emosi positif yang sama seperti pengalaman aktual dari aktivitas yang menyenangkan, seperti liburan," katanya.

2. Lebih banyak bergaul

Tak apa bila merasa tidak semangat bahkan bersedih pasca liburan, namun jangan biarkan itu terlalu lama membelenggu dirimu. Keluarlah, dan terlibatlah dalam kegiatan sosial yang positif.

Psikolog perkembangan di Melbourne, Stephanie Lau mengatakan bahwa tetap sibuk akan membantu mengalihkan pikiranmu dari perasaan negatif yang terkait dengan kembali bekerja atau melakukan rutinitas sehari-hari.

"Kembali ke kenyataan sering menyebabkan penurunan mood, jadi penting untuk memastikan kamu memiliki aktivitas sosial untuk diharapkan. Hangout dengan orang-orang yang belum pernah dilihat dalam beberapa saat atau mengambil bagian dalam hobi yang menyenangkan adalah hal-hal yang dapat membuat kamu sibuk, sehingga tidak perlu memikirkan kenyataan untuk kembali bekerja," jelasnya.

3. Mulai olahraga dan tidur cukup

Kedua hal itu dapat membantu mempercepat fase penyesuaian setelah liburan. Dengan tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki dan mendaparkan kembali enerfu untuk rutinitas sehari-hari.

Menurut Stephanie Lau, olahraga menunjukkan korelasi kuat antara kesejahteraan fisik dan emosional. Olahraga untuk melengkapi kesehatan fisik juga membantu memiliki energi untuk melakukan hal-hal yang Anda butuhkan untuk kembali ke rutinitas," tambahnya.

Baca juga: Agar Depresi Tak Mengganggu Liburan, Cobalah Tips-tips Berikut



(wdw/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT