Selasa, 09 Jan 2018 08:31 WIB

Gara-gara Glitter, Seorang Wanita Nyaris Alami Kebutaan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Glitter bisa berbahaya jika masuk ke dalam mata, bahkan bisa membuat kebutaan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Glitter sebenarnya tidaklah berbahaya. Hanya saja karena ukurannya yang sangat kecil sehingga rentan menimbulkan cedera ketika masuk ke mata atau terhirup.

Namun kasus cedera akibat glitter sendiri biasanya jarang ditemukan. Hingga kemudian kemalangan menimpa seorang wanita asal Swansea, Inggris.

Bermula ketika wanita yang hanya diketahui berusia 49 tahun itu dirujuk ke spesialis mata setelah mengeluhkan penglihatannya menghilang, kelopak mata bengkak dan mata memerah, pagi sebelum memeriksakan dirinya ke dokter.

Mula-mula dokter dari Singleton Hospital, Swansea yang memeriksanya mengira wanita ini terkena infeksi herpes.

Tetapi setelah diperiksa lebih mendalam dengan mikroskop, ia melihat ada benda-benda kecil bersinar di antara luka di kornea pasien, yang tak lain adalah beberapa helai glitter

Ironisnya, glitter-glitter itu telah merusak kornea mata kanannya. Menurut dokter, glitter-glitter ini mengakibatkan luka yang mirip dengan gejala akibat infeksi herpes.

Baca juga: Terasa Seperti Ada yang Mengganjal di Mata? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Dugaan dokter, glitter ini tak sengaja masuk saat pasien mengucek matanya. Si pasien juga bercerita ia menemukan beberapa helai glitter di dekat matanya setelah menerima sebuah kartu ucapan Natal.

Beruntung glitter-glitter itu bisa dikeluarkan dari mata pasien, yang kemudian diberi antibiotik untuk memulihkan kondisinya.

"Lesinya bisa jadi salah didiagnosis oleh non-spesialis dengan mudah karena kemiripannya dengan lesi herpetic simplex, di mana pengobatannya juga sangat berbeda, antara salep antivirus dengan antibiotik," tulis peneliti dalam laporan tentang kasus ini yang dipublikasikan BMJ Case Reports.

Kaitannya dengan cedera pada mata akibat kelilipan benda asing, maka hal pertama yang bisa dilakukan bukanlah mengucek atau mengorek sendiri benda asing tersebut.

"Kalau mata terkena benda asing atau kelilipan maka cara yang paling aman adalah dengan cara melakukan irigasi atau mengguyur benda asing di mata dengan air steril," pesan dr M. Nurdin Zuhri, SpM dari RS Universitas Airlangga kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Namun jika cara tersebut sudah dilakukan, tapi debu atau benda asing itu masih terasa ada di mata, ada baiknya segera temui dokter spesialis mata.

Baca juga: Jangan Dikucek, Begini Cara Membersihkan Kotoran Mata yang Tepat (lll/up)