Selasa, 09 Jan 2018 11:00 WIB

Manfaat Kopi Luwak yang Terkenal Mahal bagi Tubuh

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Jenis kopi yang satu ini terkenal mahal karena proses produksinya yang berbeda. Walau begitu, banyak yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati secangkir kopi luwak.

Bagaimana tidak mahal, harga per kilogram biji kopi luwak bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sulit diproduksi dalam jumlah sangat banyak karena melibatkan luwak, yakni binatang sejenis musang.

Kopi luwak dihasilkan dari biji kopi yang termakan oleh luwak, namun tidak hancur di dalam sistem pencernaan. Biji tersebut keluar bersama kotoran luwak, mengalami fermentasi secara alami, lalu dicuci dan diolah menjadi kopi luwak.

Proses pembuatan yang unik pada jenis kopi ini menghasilkan cita rasa yang berbeda. Ini yang membuat kopi luwak banyak disuka.

Baca juga: Secangkir Kopi Bantu Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Sama halnya dengan kopi pada umumnya, kopi luwak juga memiliki kandungan kafein. Stimulansia atau pembangkit tenaga ini tak cuma mengusir kantuk tetapi juga membuat seseorang merasa lebih bertenaga, walau bagi sebagian orang bisa memicu efek samping berdebar-debar jika dikonsumsi berlebihan.

Manfaat Kopi Luwak yang Terkenal Mahal bagi TubuhFoto: thinkstock


Biji kopi juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Berbagai penelitian membuktikan, asupan kopi secara teratur dengan takaran yang wajar bisa mengurangi efek penuaan pada otak seperti muncul penyakit alzheimer dan kepikunan.

Antioksidan dalam kopi juga ampuh menangkal radikal bebas pemicu reaksi radang di dalam tubuh. Berbagai penyakit kronis mematikan seperti penyakit jantung hingga kanker banyak dikaitkan dengan efek radikal bebas di dalam tubuh. Asupan kopi secara teratur, dan tidak berlebihan, diklaim bisa mengurangi risiko tersebut.

Baca juga: Kopi dan Kesehatan Jantung

(up/up)
News Feed