Selasa, 09 Jan 2018 12:05 WIB

Wajib Coba! 3 Gerakan Untuk Kencangkan Lengan yang Menggelambir

Suherni Sulaeman - detikHealth
Tips kencangkan lengan yang menggelambir/Foto: 20detik Tips kencangkan lengan yang menggelambir/Foto: 20detik
Jakarta - Rentangkan tangan Anda ke samping dan lihat di cermin, apakah Anda melihat lengan Anda kurang kencang atau kendur? Khususnya bagi para wanita yang paling memperhatikan penampilan fisiknya, lengan kendur atau menggelambir menjadi sebuah alasan untuk tidak percaya diri saat mengenakan pakaian yang memperlihatkan seluruh lengan.

Meski demikian, tak perlu gusar, pelatih kebugaran sekaligus ahli gizi, Jansen Ongko Msc, RD memberikan tips 3 gerakan yang efektif untuk membantu mengencangkan kembali lengan yang kendur. Dengan menambah gerakan ini dalam aktivitas fisik, Anda akan mendapat kembali lengan yang kencang dan indah.

"Gerakan pertama disebut dengan dumbell cateral raise ini sangat efektif untuk mengencangkan lengan Anda," ucap Jansen dalam video Health it Up.

Wajib Coba! 3 Gerakan Untuk Kencangkan Lengan yang MenggelambirGerakan pertama dumbell cateral raise/Foto: 20detik


Untuk melakukan gerakan tersebut, bentangkan kaki selebar bahu. Pegang sepasang dumbell di samping tubuh Anda dengan telapak tangan menghadap ke arah dalam. Angkat ke luar ke samping tubuh hingga setinggi bahu lalu turunkan dumbell kembali ke posisi awal.

Baca juga: Ingin Lakukan Squat Challenge yang Benar? Begini Caranya

"Pastikan dada membusung dan di saat tangan naik, buang napas. Gerakan ini dapat dilakukan sebanyak 3 set dan setiap setnya lakukan sekitar 10 sampai 15 repetisi," kata Jansen.

Gerakan berikut yang sama efektifnya disebut dengan dumbell overhead extension. Cara melakukannya masih memegang dumbell, hanya saja untuk gerakan ini cukup satu dumbell. Berdiri tegak dengan kaki membentang selebar bahu. Rentangkan lengan di atas kepala dan tekuk siku untuk menurunkan dumbell ke belakang kepala kemudian luruskan lengan untuk mengembalikkan dumbell ke posisi awal.

Wajib Coba! 3 Gerakan Untuk Kencangkan Lengan yang MenggelambirGerakan kedua dumbell overhead extension/Foto: 20detik


"Ini dapat dilakukan sebanyak 10 sampai 15 repetisi. Apabila Anda tidak memiliki dumbell, Anda dapat menggunakan tas atau botol mineral sebagai tambahan beban," pungkasnya.

Gerakan terakhir adalah plank. Menurut Jansen, walaupun plank tidak banyak melakukan gerakan tetapi sangat efektif untuk melatih otot tangan. Lakukan sesuai dengan kemampuan selama 15 sampai 60 detik.

Wajib Coba! 3 Gerakan Untuk Kencangkan Lengan yang MenggelambirGerakan ketiga plank/Foto: 20detik


"Pastikan pinggulnya tidak jatuh ke bawah. Jangan lupa napas teratur. Lakukan tiga gerakan tersebut secara rutin dan pastikan asupan protein Anda tercukupi agar lengan Anda juga dapat kencang," pesan Jansen.

Baca juga: Transformasi Dulu Minder Punya Lengan Berlemak, Kini Jadi Kekar Berotot

Nah, agar mudah mengikuti ketiga gerakan tersebut. Simak video berikut yuk!

(hrn/up)
News Feed