Kamis, 11 Jan 2018 13:35 WIB

Begini Pertolongan Pertama Saat Seseorang Terserang Stroke

Suherni Sulaeman - detikHealth
Hal pertama yang harus dilakukan saat seseorang terserang stroke adalah segera mencari pertolongan medis dan hubungi ambulance/Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain upaya pencegahan, hal lain yang perlu diketahui adalah bagaimana pertolongan pertama pada stroke. Namun biasanya, kebanyakan orang akan merasa panik bila ada seseorang yang terserang penyakit 'kelas berat' tersebut.

Padahal pertolongan pertama pada detik-detik pertama setelah terjadinya stroke sangat penting karena menentukan nasib si penderitanya. Jika kondisi tersebut terjadi tanpa pertolongan atau terlambat sedikit saja dalam memberikan pertolongan maka akan memperburuk stroke.

Spesialis bedah saraf, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS mengatakan saat seseorang terserang stroke, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera mencari pertolongan medis. Hubungi ambulance, kemudian bawa pasien stroke ke dokter terdekat atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

"Kalau kita melihat tanda-tanda atau gejala stroke terjadi pada seseorang, entah kerabat atau tetangga, atau kita menemukan di jalan sudah nggak usah macam-macam, telepon ambulance itu yang paling penting," saran dr Ryu, sapaan akrabnya dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Bisakah Stroke Diprediksi?

"Karena stroke itu lebih cepat didiagnosis dan lebih cepat dilakukan tindakan akan memperbesar kemungkinan dia tertolong dan memperkecil atau membatasi kecacatan yang timbul," sambung dr Ryu

dr Ryu menambahkan, orang yang mengalami stroke tidak akan kembali sembuh 100 persen seperti sebelum terkena stroke. Sedikit atau banyak pasti ada perbedaan pada orang yang sebelum stroke dengan orang yang sesudah stroke.

Baca juga: Saran Dokter Agar Terhindar dari Stroke Berulang

Penuturan lengkap dr Ryu tentang stroke bisa disimak di sini:

(hrn/up)