Kamis, 11 Jan 2018 19:07 WIB

Pil Pendeteksi Kentut Ini Berguna Memonitor Kesehatan Pencernaan

Firdaus Anwar - detikHealth
Pil ini ditelan lalu akan merekam data gas yang ada di perut. (Foto: ABC Australia) Pil ini ditelan lalu akan merekam data gas yang ada di perut. (Foto: ABC Australia)
Jakarta - Kentut sebetulnya adalah gas yang terbentuk di saluran pencernaan kemudian dilepaskan melalui anus. Komponen penyusunnya bisa terdiri dari oksigen, hidrogen, nitrogen, karbondioksida, methane, hingga sulfur.

Bagaimana komposisi gas dalam kentut bisa berbeda-beda tergantung dari makanan yang dimakan, kondisi bakteri dalam perut, hingga berapa lama kentut terbentuk.

Baca juga: Sering Kentut, Tanda Gangguan Penyakit?

Nah terkait hal tersebut peneliti dari Australia menciptakan sebuah pil yang bisa mendeteksi kentut. Tujuannya agar mempermudah mengecek kondisi kesehatan pencernaan seseorang.

Spesialis gastroenterologi dr Dan Worthley mengatakan bahwa kapsul ini mungkin akan bermanfaat bagi pasien dengan sindrom iritasi usus (IBS). Hal ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang terlalu aktif memfermentasi makanan dalam perut dan menghasilkan gas.

"Meski IBS adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum, belum ada tes laboratorium untuk mendiagnosanya," kata Dan seperti dikutip dari ABC Austrlia, Kamis (11/1/2018).

Perlu waktu delapan tahun untuk peneliti mengembangkan pil ini.Perlu waktu delapan tahun untuk peneliti mengembangkan pil ini. Foto: ABC Australia


Dipublikasi dalam jurnal Nature Electronics, peneliti butuh waktu delapan tahun untuk mengembangkan pil. Uji klinik menunjukkan bahwa pil yang terhubung ke smartphone mampu memberikan data suhu, oksigen, hidrogen, dan karbon dioksida di dalam perut.

"Sensor-sensor ini merupakan alat baru yang sangat kuat. Pil bisa memberitahu Anda seberapa cepat atau lambatnya pencernaan dan gas apa yang terbentuk terkait respons tubuh dengan makanan tertentu," kata Carly Rosewarne dari CSIRO Adelaide.

Baca juga: Kenapa Kentut Ada yang Bau dan Tidak? (fds/up)
News Feed