Selasa, 16 Jan 2018 11:05 WIB

Kunci Tubuh Seksi JLo: Lari Naik Tangga, Yuk Dicoba

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Lari naik tangga jadi kunci sukses tubuh seksi JLo/Foto: Instagram/jlo Lari naik tangga jadi kunci sukses tubuh seksi JLo/Foto: Instagram/jlo
Jakarta - Menyambut Tahun Baru, penyanyi dan aktris cantik Jennifer Lopez memperlihatkan serangkaian latihan yang dilakukannya bersama sang kekasih, Alex Rodriguez.

Namun di antara latihan seperti burpess, barbell squats dan latihan melempar bola gym itu, ada juga latihan berlari menaiki anak tangga. Eits jangan anggap sepele.

Seorang personal trainer bernama Pete McCall, CSCS mengatakan, berlari menaiki tangga disebut sebagai latihan kardio yang sangat baik karena dapat meningkatkan detak jantung.

Ini juga bisa digolongkan latihan kekuatan, karena untuk bisa mengangkat tubuh Anda menaiki tangga-tangga itu, Anda harus melibatkan seluruh otot yang ada di tubuh bagian bawah Anda.

"Saat naik, pinggang Anda akan banyak mengalami fleksi dan ekstensi. Jangkauan gerakannya juga menjadi lebih luas (dibanding ketika berjalan atau berlari), jadi Anda akan lebih banyak melatih otot-otot di seputaran pinggang," jelasnya kepada SELF.

Kunci Tubuh Seksi JLo: Lari Naik Tangga, Yuk DicobaLari naik tangga jadi kunci sukses tubuh seksi JLo/Foto: Instagram/jlo


Otot-otot yang dimaksud di antaranya otot pinggul, hamstring (otot di belakang paha) dan adductor (paha dalam). McCall menambahkan, ketiganya merupakan kelompok otot yang terbesar pada tubuh, sehingga ketika diajak berlari menaiki tangga, maka ini akan jadi tantangan kardio yang luar biasa.

Baca juga: Naik Turun Tangga, Trik Simpel Tetap Aktif Meski Sibuk di Kantor

Ditambahkan McCall, berlari menaiki tangga terasa berat karena ini bergantung pada jumlah oksigen yang dibutuhkan tubuh sepanjang melakukan aktivitas fisik.

Ahli fisiologi olahraga itu mengungkapkan berlari selama 10 menit menghabiskan 9,8 METs (metabolic equivalents) atau 9,8 kali lebih banyak daripada jumlah oksigen yang digunakan tubuh saat beristirahat), sedangkan lari menaiki tangga diperkirakan menghabiskan 15 METs.

Kendati demikian, makin tinggi METs yang dihabiskan, berarti olahraga yang dilakukan akan membakar lebih banyak kalori. "Bukan hanya itu, latihan kardio juga meningkatkan 'VO2 max' atau kemampuan tubuh untuk memanfaatkan oksigen saat berolahraga, yang berarti Anda bisa melakukan olahraga lebih lama," lanjut McCall.

Kelebihan lain dari latihan ini adalah pada penggunaan bagian bawah tubuh yang optimal. Menurut McCall, memiliki kaki yang kuat membuat aktivitas atau latihan lain menjadi lebih efektif. "Memperkuat bagian bawah tubuh juga membantu mencegah rasa sakit dan cedera," tambahnya.

Kunci Tubuh Seksi JLo: Lari Naik Tangga, Yuk DicobaFoto: Instagram/arod


McCall kemudian merekomendasikan latihan menaiki tangga versinya, sebagai berikut:

- lari cepat menuju ke atas tangga
- berjalan atau jogging ketika kembali ke bawah. Jika lutut Anda bermasalah, turuni tangga dengan berjalan miring
- ulangi hingga mendapatkan total lima set
- istirahat selama 2-3 menit, lalu ulangi dari awal untuk 2-3 kali putaran

Baca juga: Bisa Ditiru Nih, Macam-macam Olahraga di Kantor Ala Pembaca (lll/up)
News Feed