Kamis, 18 Jan 2018 13:32 WIB

5 Kandungan 'Super' Kangkung yang Menyehatkan, Siapa Nih yang Doyan?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kangkung memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Foto: iStock
Jakarta - Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang sudah cukup akrab dilidah masyarakat Asia. Kabar yang menyebutkan kangkung ilegal di Amerika Serikat membuat orang-orang penasaran dengan kandungan yang dimiliki sayur yang satu ini.

Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut ini adalah khasiat yang ditawarkan dari makanan yang satu ini.

Baca juga: Kangkung Disebut Ilegal di AS, Begini Pendapat Ahli Gizi

1. Tinggi zat besi

Kangkung ternyata juga mengandung zat besi sama halnya dengan bayam. Zat besi dapat membantu peredaran oksigen keseluruh tubuh dan dalam pembentukan hemoglobin sehingga mencegah terjadinya anemia.

2. Mengandung vitamin C

Bukan hanya di buah seperti jeruk atau jambu, vitamin C juga ditemukan disayuran seperti kangkung. Vitamin C diketahui punya banyak manfaat mulai untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun, hingga mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Menangkal insomnia

Seperti dijelaskan oleh Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, Ahli Gizi Persagi, kepada detikHealth baru-baru ini, kangkung memang bisa memberikan efek menenangkan sehingga cocok untuk dikonsumsi dalam porsi banyak ketika mendekati jam tidur.

Baca juga: Makanan-Makanan Penangkal Insomnia, Kangkung Salah Satunya!

Kangkung adalah sayuran yang akrab di lidah masyarakat Asia.Kangkung adalah sayuran yang akrab di lidah masyarakat Asia. Foto: Hasan Alhabshy

4. Terdapat vitamin B1

Vitamin B1 merupakan bagian dari Vitamin B Kompleks yang dapat mencegah katarak serta membantu kinerja otak. Di samping itu, Vitamin B1 mampu memproduksi sel darah merah yang sangat dibutuhkan tubuh sehingga cocok untuk orang yang anemia. Selain itu, Vitamin B1 juga mampu mencegah penuaan.

5. Memiliki protein

Tak banyak yang tahu, kangkung juga mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah sebagai pengatur metabolisme tubuh. Protein dalam kangkung pun sangat bermanfaat dalam proses regenerasi sel kulit.

Baca juga: Benarkah Lintah dalam Kangkung yang Termakan Bisa Bersemayam di Usus?



(ask/up)