Kamis, 18 Jan 2018 16:25 WIB

Video Polisi Menjerit Takut Disuntik Viral di Facebook

Firdaus Anwar - detikHealth
Ekspresi ketakutan ketika akan disuntik. (Foto: Facebook/Ria Shynaga) Ekspresi ketakutan ketika akan disuntik. (Foto: Facebook/Ria Shynaga)
Jakarta - Ketakutan terhadap jarum suntik bisa dialami siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun kalau yang takut disuntik adalah seorang anggota polisi, hal ini tampaknya menarik perhatian warganet.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Ria Shynaga di Facebook memperlihatkan seorang anggota polisi sedang meronta dan berteriak saat akan disuntik hingga perlu dipegangi. Tidak jelas di mana video diambil namun orang-orang yang berada di dalamnya berbicara bahasa daerah Jawa.

Baca juga: Trik Mengurangi Sakit Akibat Jarum Suntik

"Udah enggak apa-apa, udah enggak apa-apa. Malah biar kuat, biar enggak tetanus," ujar salah satu suara dalam video sambil tertawa.

Beberapa kali teman yang sedang memegangi menampar sang polisi di pipi. Kemungkinan ia berusaha untuk mengalihkan perhatiannya dari rasa sakit disuntik.

Video yang pertama kali diunggah pada 16 Januari 2018 ini telah dibagikan lebih dari 59 ribu kali dan mengundang 27 ribu reaksi. Banyak warganet menganggap video tersebut lucu karena bertolak belakang dengan citra seorang polisi yang biasanya dipandang tegas dan keras.

"Hehehehe....Jadi Lucu Lihatnya. Tapi Manusiawi Koq Hal Spt Ini. Saya Juga Merasa Was-was Kalau Di Suntik," komentar salah satu pengguna Facebook, Bardy Sitorus.

Profesor Andrew Page dari University of Western Australia pernah mengatakan bahwa wajar bila seseorang takut atau bereaksi terhadap jarum suntik. Hanya saja bedanya dari orang yang punya fobia adalah akan muncul gejala berlebihan.

"Ketika Anda mengalami fobia jarum, ada gejala yang bisa muncul ketika melakukan kontak dengan jarum. Gejalanya berupa cemas atau panik, termasuk detak jantung kencang, nyeri dada, keringat dingin dan deras, pusing, serta mual," kata Page, dikutip dari ABC Australia.

Baca juga: Beda Takut Disuntik yang Wajar dengan Fobia Jarum (fds/up)
News Feed