Rabu, 24 Jan 2018 17:40 WIB

5 Sayur dan Buah Berwarna Ungu dengan Beragam Manfaat Menyehatkan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Sayuran dan buah berwarna ungu sangat baik untuk kesehatan. Foto: Thinkstock Sayuran dan buah berwarna ungu sangat baik untuk kesehatan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Diet sehat adalah memilih makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya makanan yang berwarna. Buah dan sayuran hadir dalam lima kategori warna utama, yaitu merah, kuning atai oranye, ungu atau biru, putih, dan hijau.

Masing-masing warna mewakili kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin, mineral, dan atioksidan. Lebih spesifik misalnya sayuran hijau mengandung vitamin K dan folat yang tinggi, sedangkan buah dan sayuran oranye atau kuning biasanya mengandung beta karoten dan vitamin C.

Nah, dikutip dari The List, ada buah dan sayuran yang ternyata baik untuk dikonsumsi bagi setiap orang. Yaitu buah dan sayur yang berwarna ungu, apa saja?

1. Anggur

Buah dan sayuran berwarna ungu atau biru mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan adalah zat yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam anggur beberapa di antaranya adalah flavonoid, polifenol, dan antosianin yang kesemuanya memiliki manfaat lain, yaitu mengelola diabetes, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan menjaga fungsi otak.

Baca juga: Beda Warna, Beda Pula Kandungan Nutrisi dari Buah dan Sayur Ini

2. Bit merah

Buah bit yang berwarna merah keunguan ini mengandung beberapa vitamin, meliputi A, C, dan B6. Ubi bit merah juga termasuk sumber folat, serat, zeaxanthin, lutein, dan berbagai mineral. Salah satu nutrisi dalam bit, yang disebut betaine dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah. Bit juga dapat membantu mengendalikan tekanan darah dan dapat membantu menangkal demensia.

3. Blueberry

Buah blueberry penuh dengan antioksidan yang disebut antosianin, quercetin, dan kaempferol yang memberikan manfaat bagi kesehatan. Blueberry juga mengandung vitamin dan mineral termasuk zat besi, kalsium, seng, dan vitamin K. Beruntungnya menurut beberapa penelitian, blueberry juga bisa mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, Alzheimer, dan obesitas. Nah, berarti buah ini juga bagus untuk asupan dietmu.

4. Kubis ungu

Kubis atau kol berwarna ungu begitu tinggi kandungan antioksidannya, seperti flavonoid, karotenoid, dan antioksidan lainnya. Sayuran ini dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Kubis ungu juga tinggi serat dan vitamin K.

Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena sayuran ungu ini juga mengandung sulfur yang berpotensi menyebabkan pengumpulan gas setelah makan.

Baca juga: Jangan Cuma Andalkan Sayur Hijau, Makan 'Pelangi' Jauh Lebih Menyehatkan

5. Kembang kol ungu

Kembang kol ungu memiliki kandungan nutisi seperti kembang kol putih, namun warna ungunya itu ternyata muncul dari kandungan antosianin. Perbedaan lainnya, kembang kol ungu mengandung serat lebih tinggi dibanding yang putih. Sayuran ini bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, terutama paru-paru dan saluran cerna.

(wdw/up)