Jumat, 26 Jan 2018 19:05 WIB

Softlens Pintar Ini Dapat Mendeteksi Gula Darah Pemakainya

Firdaus Anwar - detikHealth
Sekelompok peneliti dari Korsel mengembangkan lensa kontak yang dapat memonitor gula darah penggunanya. Foto: UNIST
Jakarta - Saat ini untuk bisa mengetahui tingkat gula darah salah satu cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan alat yang mengharuskan seseorang menusuk ujung jari dengan jarum. Beberapa orang mungkin tidak menyukai cara tersebut sehingga lebih memilih untuk menutup mata.

Padahal informasi tentang gula darah penting untuk kita ketahui terutama lagi bagi penyandang diabetes. Gula darah yang tak terkontrol, terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, dapat jadi sumber penyakit.

Baca juga: Dokter Angkat 27 Lensa Kontak dari Mata Wanita Ini

Berkaitan dengan hal tersebut sekelompok peneliti dari Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST), Korea Selatan, mengembangkan lensa kontak pintar yang bisa memonitor gula darah pemakainya secara real time.

Pemimpin studi Jihun Park mengatakan selama ini yang menjadi tantangan lensa kontak pintar adalah ia bisa sulit untuk dipakai. Namun lensa kontak yang dikembangkan timnya memakai sensor elektroda yang fleksibel dan transparan.

Sensor bekerja dengan cara menganalisa kadar gula darah yang ada di air mata.

"Strategi ini tidak memerlukan alat mahal atau komponen rapuh yang saat ini banyak digunakan pada lensa kontak pintar, yang justru dapat menghalangi penglihatan bahkan melukai mata," kata Jihun seperti dikutip dari Fox News, Jumat (26/1/2018).

Lensa kontak tidak memerlukan baterai untuk beroperasi. Ketika mendeteksi perubahan gula darah, lampu LED yang ada pada sensor wireles akan menyala untuk memberi tahu pemakainya.

"Setelah mendeteksi perubahan gula darah di air mata di luar batas, LED ini akan mati untuk jadi petunjuk pada pemakai," kata Jihun.

Baca juga: Cara Benar Pakai Lensa Kontak


(fds/up)