Minggu, 04 Feb 2018 12:07 WIB

Mau Gigi Lebih Putih Alami? Ikuti Cara-cara Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Tips sederhana supaya gigi lebih putih, salah satunya ganti sikat gigi lama dengan sikat gigi baru/Foto: Thinkstock Tips sederhana supaya gigi lebih putih, salah satunya ganti sikat gigi lama dengan sikat gigi baru/Foto: Thinkstock
Jakarta - Salah satu hal pertama yang orang perhatikan adalah gigi. Ya, gigi Anda tidak hanya penting untuk berbicara dan mengunyah makanan, tapi juga merupakan simbol kesehatan yang baik dan tanda kepercayaan diri.

Meskipun ada metode pemutihan gigi seperti pasta gigi pemutih, obat kumur dan perawatan profesional, namun ada juga cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga gigi putih seputih mutiara. Berikut adalah 5 hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memiliki gigi yang lebih putih, seperti dikutip dari Herworld.

Baca juga: Ingin Gigi Putih? Jangan Asal Pakai Pemutih yang Dijual di Pasaran Ya

1. Ganti sikat gigi baru secara berkala

Salah satu cara paling sederhana untuk menghilangkan noda di gigi adalah membuang sikat gigi lama setiap tiga bulan sekali atau saat sikat gigi sudah usang. Bulu sikat gigi yang usang dan bengkok tidak akan bisa membersihkan gigi secara efektif.

Begitu juga ketika menyimpan sikat gigi dalam wadah tertutup atau berada di suhu lembab, pertimbangkan untuk mengganti sikat gigi lebih cepat untuk mencegah supaya bakteri tidak berpindah ke gigi Anda.

2. Pemilihan warna lipstik

Mengoleskan lipstik berwarna merah di bibir Anda adalah cara tercepat dan termudah untuk menciptakan ilusi gigi putih yang berkilau. Warna dengan undertone biru ditengarai bisa mengurangi tampilan kekuningan pada gigi sehingga Anda bisa memalsukan senyum lebih putih dan lebih cerah dalam hitungan detik.

3. Hindari makanan manis

Ini alasan lain mengapa Anda harus berhenti ngemil makanan manis. Sebab, diet tinggi gula tidak hanya dikaitkan dengan diabetes, masalah berat badan dan jerawat tapi juga mendukung pertumbuhan bakteri Streptococcus Mutans yang menyebabkan plak dan radang gusi. Jika Anda mengonsumsi makanan manis, pastikan Anda segera menyikat gigi setelah makan.

4. Rutin bersihkan gigi ke dokter

Jika Anda seorang peminum kopi, kemungkinan Anda akan mengalami beberapa bentuk perubahan warna pada gigi karena penipisan email atau pewarnaan. Kabar baiknya noda ini adalah noda ekstrinsik yang bisa dihilangkan dengan membersihkan gigi setiap tiga bulan sekali.

Jika memang Anda sulit menghilangkan kebiasaan Anda minum kopi di pagi hari, minum kopi tersebut dengan sedotan dan cobalah minum air lebih banyak untuk mengurangi efek pewarnaan minuman.

Baca juga: Hendak Lakukan Pemutihan Gigi? Perhatikan Dulu Hal Ini

5. Makan buah apel

Diet yang sarat dengan buah dan sayuran tidak hanya baik untuk tubuh dan kesehatan, tetapi juga gigi Anda. Sama seperti sikat gigi, buah dan sayuran perusahaan seperti apel dan wortel membantu menggosok plak saat dikonsumsi.

Untuk hasil yang maksimal, usahakan mengonsumsi buah apel saat selesai makan. Alternatif lainnya adalah dengan menyikat gigi setelah makan. (hrn/up)
News Feed