Kamis, 08 Feb 2018 20:03 WIB

Kandungan Daun Kelor yang Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Daun kelor mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Foto: Thinkstock Daun kelor mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Banyak yang bilang bahwa pohon kelor adalah pohon ajaib atau 'miracle tree'. Terutama di bagian daunnya, punya manfaat apa saja sih daun ini?

"Sebagaimana kelompok sayuran maka daun kelor kaya vitamin, mineral, serat dan fitokimia. Dan kandungan vitamin dan mineralnya dibanding sayuran lain pada umumnya lebih tinggi," kata Nutrisionis dari Persagi, Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes kepada detikHealth, Kamis (8/2/2018).

Apa lagi kandungan nutrisi berserta manfaatnya?

1. Vitamin A dan C

Daun kelor kaya akan vitamin. Ahli pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS menyebut ada vitamin A dan C di dalamnya. "Vitamin A bagus untuk imunitas. Vitamin C bagus untuk imunitas juga bagus untuk kulit," ujarnya.

Menurut sebuah penelitian, vitamin A di daun kelor empat kali lebih tinggi daripada wortel dan vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk. Dengan kandungan yang bisa menangkal radikal bebas tersebut, stres oksidatif juga bisa dikurangi.

Baca juga: Daun Kelor Disinggung Menkes untuk Gizi Buruk Asmat, Apa Sih Kandungannya?

2. Flavonoid dan fitosterol

Flavonoid dan fitosterol adalah senyawa yang kerap terkandung dalma tumbuhan yang dibuat sebagai obat. Menurut Rita, daun kelor yang kaya flavonoid bermanfaat untuk menangkal diabetes. Sedangkan fitosterol di dalamnya bermanfaat untuk antikolesterol.

3. Kalsium

Siapa bilang kalsium hanya ada di susu? Ternyata di daun kelor pun ada. Kalsium sangat bermanfaat untuk pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi, serta membantu mencegah osteoporosis. Kalsium juga bermanfaat untuk mengaktifkan beberapa enzim dan hormon yang mengatur pencernaan dan metabolisme lemak.

4. Potasium dan kalium

Daun kelor juga mengandung potasium dan kalium yang keduanya sangat baik untuk kesehatan tekanan darah seseorang. Kalium untuk memelihara tekanan darah dalam kondisi normal, dan potasium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

5. Efek laktagogum

Menurut Rita, daun kelor juga mengandung efek laktagogum. Yaitu zat yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI sama seperti daun katuk. Maka ibu menyusui sangat bagus mengonsumsi daun ini.

6. Zat besi

Tak kalah penting, daun kelor ini juga kaya akan zat besi. Zat besi adalah gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan darah dan daun kelor mampu memenuhi kebutuhan itu. Maka dari itu daun kelor sangat bermanfaat untuk mencegah anemia, yaitu berkurangnya kandungan hemoglobin dalam darah.

Baca juga: Cegah Anemia dan Kerusakan DNA, Ini Ragam Manfaat Daun Kelor



(wdw/up)
News Feed