Jumat, 09 Feb 2018 14:36 WIB

Bukan Kekenyangan, Ini Alasan Sering Ngantuk Usai Makan Siang

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kekenyangan atau terlalu banyak makan dianggap sebagai penyebab ngantuk usai makan siang. Padahal menurut pakar, bukan itu alasannya. Foto: thinkstock Kekenyangan atau terlalu banyak makan dianggap sebagai penyebab ngantuk usai makan siang. Padahal menurut pakar, bukan itu alasannya. Foto: thinkstock
Jakarta - Kekenyangan atau terlalu banyak makan dianggap sebagai penyebab ngantuk usai makan siang. Padahal menurut pakar, bukan itu alasannya.

The National Institutes of General Medical Science (NIGMS) menyebut penyebab ngantuk usai makan siang bukanlah kebanyakan makan, namun jam tubuh atau ritme sirkadian. Hal ini dianggap wajar mengingat saat siang, tubuh sudah beraktivitas selama lebih dari 7 jam.

Baca juga: Ini Manfaat Luar Biasa Bobok Siang Bagi Kesehatan

"Sangat lumrah bagi tubuh untuk mengantuk usai makan siang, karena aktivitas yang dilakukan selama 7 atau 8 jam ke belakang," tulis NIGMS, dikutip dari Health24.

Ritme sirkadian menyebabkan terjadinya homeostasis, yakni fungsi tubuh untuk mengatur dan beradaptasi terhadap lingkungan untuk menghasilkan keseimbangan. Tubuh yang sudah beraktivitas dan mengeluarkan energi membutuhkan istirahat.

Ditambah lagi, usai makan siang aliran darah akan terpusat di saluran cerna. Proses pencernaan ditambah dengan regulasi energi menghasilkan kebutuhan beristirahat yang kuat, dan menyebabkan ngantuk.

Pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, mengatakan tidur siang atau napping merupakan kebutuhan. Tidur siang penting untuk menjaga produktivitas dan fokus yang terkuras setelah setengah hari bekerja.

Tidak perlu waktu lama, tidur siang yang baik hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit. Tidur siang terlalu lama malah membuat tubuh lemas, karena sudah memasuki fase tidur dalam.

"Kafein memang bikin melek, tapi kafein nggak bisa mengembalikan konsentrasi, kreativitas, ketelitian dan motivasi tadi. Tidak ada yang bisa menggantikan efek tidur," katanya.

Baca juga: Catat! Waktu Terbaik agar Tidur Siang Bermanfaat Maksimal (mrs/up)
News Feed