Sabtu, 10 Feb 2018 13:42 WIB

Waspada Penyakit Respiratori Pada Musim Hujan

Frieda Isyana - detikHealth
Penyakit respiratori atau pernapasan mengintai kita di musim hujan. Foto: Thinkstock Penyakit respiratori atau pernapasan mengintai kita di musim hujan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Musim hujan sudah mencapai puncaknya. Bayangan penyakit-penyakit pun mengintai, salah satunya adalah penyakit respiratori atau pernapasan.

Penyakit respiratori banyak macamnya, seperti asma, pneumonia, tuberculosis (TB), PPOK, ISPA dan bahkan kanker paru.

Baca juga: Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan dan Banjir

Pada acara konferensi pers PIPKRA 2018 hari ini (Jumat (9/2/2018), Dr dr Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) menyebutkan bahwa musim hujan yang dingin dengan cuaca yang tidak menentu dapat memicu gangguan pada pernapasan.

"Tuberculosis sekarang sudah menjadi penyakit respiratori paling mematikan nomor dua di dunia. Penyebabnya selain rokok adalah cuaca tidak menentu yang dapat melemahkan sistem imun tubuh, sehingga dapat mengundang berbagai penyakit, " ia menerangkan.

Baca juga: Waspadai Penyakit Yang Sering Muncul Saat Banjir dan Musim Hujan

dr Erlina adalah salah satu pakar paru di Indonesia. Kini ia bertugas di RSUP Persahabatan yang merupakan rumah sakit pusat rujukan nasional dalam masalah kesehatan respirasi yang sudah diakui juga secara internasional.

Ia juga menambahkan, cuaca dingin dan lembab bisa menjadi faktor munculnya ISPA seperti influenza dan asma kronis. "Jika tidak segera diobati, bisa berbahaya, " tegasnya. (lll/lll)
News Feed