Minggu, 11 Feb 2018 13:16 WIB

5 Benda di Kamar Tidur yang Bisa Jadi Sarang Kuman

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jarang membersihkan kamar tidur bisa membuat benda-benda ini jadi sarang kuman lho! Mulai dari bantal hingga karpet kamar. Foto: thinkstock Jarang membersihkan kamar tidur bisa membuat benda-benda ini jadi sarang kuman lho! Mulai dari bantal hingga karpet kamar. Foto: thinkstock
Jakarta - Seberapa sering kamu membersihkan tempat tidur? Sebulan sekali? Atau malah setiap minggu sekali?

Kamar tidur yang tidak dibersihkan secara rutin bisa membuat kuman hingga kutu bersemayam. Dampaknya, kamu lebih rentan terserang beragam penyakit mulai dari tenggorokan gatal, hidung tersumbat, hingga sakit kepala.

detikHealth pun merangkum beberapa benda di kamar tidur yang mungkin jarang dibersihkan dan bisa menjadi sarang kuman. Apa saja?

Baca juga: 6 Benda Tak Terduga yang Bisa Jadi Sarang Kuman dan Bakteri

1. Bantal

Bantal merupakan salah satu benda yang harus rutin dicuci. Bantal mengandung cukup banyak kotoran, seperti kulit kepala yang mati dan debu, yang bisa jadi sarang kuman.

2. Pot tanaman

Punya tanaman hias di kamar tidur memang bisa mencerahkan kamar. Namun akar tanaman merupakan tempat beberapa bakteri dan jamur berkembang biak, yang bisa memicu reaksi asma karena alergi.

Kamar tidur bisa jadi sarang kuman kalau tidak dibersihkanKamar tidur bisa jadi sarang kuman kalau tidak dibersihkan Foto: thinkstock


3. Kasur

Sepertiga hidup manusia dihabiskan di atas kasur. Mulai dari keringat, kulit kering, hingga debu dan kotoran dari luar membuat kasur jadi sarang bakteri jika tak rutin dicuci.

4. Pelembab ruangan

Pelembab ruangan bisa mencegah kulit kering. Namun jangan lupa ganti airnya setiap hari agar tidak menjadi sarang kuman, bakteri, hingga nyamuk.

5. Karpet kamar

Karpet di kamar tidur berisi debu, pollen, hingga kotoran dari kaki dan sepatu. Jangan lupa rutin bersihkan karpet di kamar, atau jika perlu, jangan gunakan karpet di kamar tidur.

Baca juga: Sering Kita Lakukan, 6 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan (mrs/up)
News Feed