Selasa, 13 Feb 2018 12:36 WIB

Hii! Dokter Angkat 14 Cacing dari Mata Wanita Ini

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat, terinfeksi cacing mata, penyakit yang sebelumnya hanya menyerang sapi. Foto: REUTERS Seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat, terinfeksi cacing mata, penyakit yang sebelumnya hanya menyerang sapi. Foto: REUTERS
Jakarta - Seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat, terinfeksi cacing mata, penyakit yang sebelumnya hanya menyerang sapi dan hewan ternak. Kasus ini menjadi infeksi cacing mata pertama di manusia di Amerika Serikat.

Laporan dari Centers for Disease Control and Prevention menyebut wanita berusia 26 tahun yang tak disebutkan namanya itu mengalami iritasi mata yang tak berkesudahan.

Pemeriksaan menunjukkan ia mengalami infeksi Thelazia gulosa, jenis cacing yang biasa ditemukan pada hewan-hewan ternak.

Baca juga: Hii! Dokter Angkat Siput Kerdil dari Benjolan di Tubuh Bocah 11 Tahun

CDC menyebut dokter berhasil mengangkat 14 cacing dari mata wanita tersebut. Cacing-cacing ini berukuran kurang lebih 1,27 cm. Jika tak segera diangkat, cacing-cacing ini bisa menyebabkan kerusakan pada mata dan menyebabkan kebutaan.

"Infeksi cacing parasit sangat jarang terjadi. Bahkan infeksi Thelazia ini sebelumnya tak pernah ditemukan pada manusia," ujar dr Richard Bradbury dari divisi Parasicitc Diseases and Malaria, CDC Amerika Serikat, dikutip dari Reuters.

Cacing mata ditemukan di mata wanita Amerika SerikatCacing mata ditemukan di mata wanita Amerika Serikat Foto: REUTERS

dr Bradbury menyebut sebelumnya hanya ada 2 jenis cacing yang diketahui menginfeksi mata manusia. Nah, spesies Thelazia ini menjadi nomor tiga, dan pertama kali ditemukan di Amerika Serikat.

Infeksi cacing di mata dikaitkan dengan higiene dan kedekatan tempat tinggal dengan kandang binatang. Kasus-kasus infeksi cacing mata pada manusia biasa dilaporkan terjadi pada kelompok-kelompok yang tinggal di daerah pedalaman.

Baca juga: Keluar Cacing Pita 2 Meter dari Tubuh, Pria Ini Shock (mrs/up)
News Feed