Selasa, 13 Feb 2018 17:47 WIB

Kisah Dokter Gigi Cantik Juara Binaraga yang Dulu Dibully Karena Gemuk

Firdaus Anwar - detikHealth
Ada cerita di balik dorongan drg Yoan membentuk otot. (Foto: Instagram/drg_yoan) Ada cerita di balik dorongan drg Yoan membentuk otot. (Foto: Instagram/drg_yoan)
Jakarta - Bila berkunjung ke salah satu klinik tempat dokter gigi Yohana Kusumawardhani praktik, ada hal yang cepat atau lambat mungkin kita sadari. Di balik jubah putihnya tersembunyi siluet fisik dengan otot-otot yang kencang dan kekar.

Akrab disapa Yoan, wanita yang sering berpraktik di Cute Dental Clinic Alam Sutera ini memang dikenal sebagai dokter atlet. Hal ini karena selain aktif praktik dirinya juga kerap mengikuti kompetisi binaraga.

"Hobi saya ngegym dan saya sering ikut kompetisi bodybuilder. Makanya saya juga disebut dokter atlet," kata Yoan ketika ditemui detikHealth beberapa waktu lalu.

Baca juga: Foto: Tubuh Kekar Berotot Dokter Gigi Perempuan dari Tangerang Selatan

Sebelum menjadi seorang atlet binaraga dan dokter, Yoan mengaku sebetulnya ia dulu pernah mengalami kegemukan. Penyebabnya karena kebiasaan makan yang tidak terkontrol.

Salah satu hal yang disenangi Yoan dulu adalah mengonsumsi minuman bersoda dan segala makanan yang dianggap enak. Karena hal ini juga orang-orang sekitarnya jadi sering meledek Yoan yang akhirnya sadar ia perlu diet dan olahraga.

"Teman dan keluarga banyak yang bully saya. 'Ngapain lu diet-diet juga percuma badan lu juga tetep gemuk seperti ini. Enggak mungkin baju-baju lu yang lama bisa dipake lagi," kenang Yoan.

"Sejak saat itu saya bertekad rajin olahraga, menjaga makanan, belajar apa sih itu hidup sehat. Saya mulai belajar mengenal makan bersih dan serius latihan," lanjutnya.

Di tengah latihannya untuk mendapatkan kembali tubuh kurus, Yoan menyadari bahwa otot-otot tubuhnya juga mulai terbentuk. Nah sejak saat itu Yoan mengaku malah jadi keterusan membentuk tubuh hingga akhirnya ikut kompetisi dengan atlet binaraga lain.

Prestasi terakhir Yoan sebagai binaragawan adalah ia baru-baru ini mendapat juara dua di ajang Batam Open Bodybuilding & Physique 2017.

Baca juga: Mau Punya Badan Berotot Seperti Dokter Yoan? Begini Olahraganya

Aktivitas sehari-hari Yoan sebagai dokter dan atlet sering ia unggah ke media sosial. Banyak warganet melihat pemilik akun Instagram @drg_yoan ini sebagai sosok inspiratif dan menanyakan berbagai macam tips dalam diet dan olahraga membentuk tubuh.

Kisah Yoan selengkapnya bisa disaksikan dalam video berikut:

(fds/up)
News Feed