Kamis, 15 Feb 2018 09:05 WIB

Peran Genetik dalam Dunia Kesehatan dan Personalized Medicine

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Lembaga Eijkman sedang mengembangkan penelitian mengenai asal muasal genetik manusia Indonesia. Foto: ilustrasi/thinkstock Lembaga Eijkman sedang mengembangkan penelitian mengenai asal muasal genetik manusia Indonesia. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Setiap orang dilahirkan dengan gen yang berbeda-beda. Tidak ada satu manusia pun yang terlahir dengan gen yang sama persis dengan gen yang dimiliki oleh manusia lainnya.

Setiap anak yang dilahirkan biasanya memiliki gen yang mirip dengan gen yang dimiliki oleh orang tuanya. Dalam ilmu genetika, kita dapat mempelajari asal muasal timbulnya gen yang dimiliki oleh makhluk hidup.

Inilah yang mendasari adanya penelitian terhadap asal muasal genetika manusia di Indonesia oleh Lembaga Biologi Molekular Eijkman Jakarta. Disebutkan oleh Prof Herawati Sudoyo, MD PhD, Wakil Kepala Bidang Penelitian Fundamental, bahwa Indonesia masih cukup tertinggal dalam bidang medis dan kesehatan.

"Semua penyakit itu genetik. Hanya tergantung dari lingkungan itu mendukung atau memanifestasi penyakit itu keluar atau tidak banyak," tutur Prof Hera.

Riset yang dilakukan oleh Eijkman ini berlandaskan bahwa genetika (asal muasal manusia) dapat membantu untuk memprediksikan penyakit yang nantinya akan membantu untuk menemukan "personalized medicine".

Baca juga: 20 Tahun Domba Dolly, Seberapa Jauh Ilmu Genetik Berkembang?

Seperti apa riset yang telah dilakukan untuk menuju ke sana? Berikut ini ulasannya. (up/up)
News Feed