Minggu, 18 Feb 2018 18:11 WIB

Manfaat Lain Minyak Kelapa, Bisa Bantu Hilangkan Jerawat di Wajah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Minyak kelapa biasanya digunakan untuk memasak. Namun pakar mengungkap bahwa minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Foto: Getty Images Minyak kelapa biasanya digunakan untuk memasak. Namun pakar mengungkap bahwa minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Foto: Getty Images
Jakarta - Minyak kelapa biasanya digunakan untuk memasak. Namun pakar mengungkap bahwa minyak kelapa juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah.

dr Sejal Shah, pakar dermatologi dari SmarterSkin Dermatology New York, menyebut minyak kelapa mengandung asam lemak yang bersifat antiperadangan dan antimikroba. Kandungan tersebut menurutnya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat wajah yang disebabkan oleh Propionibacterium acnes.

Baca juga: 10 Makanan yang Ampuh Hilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Cepat

"Bukan hanya antimikroba dan antiperadangan, minyak kelapa juga mencegah kulit menjadi kering, penyebab utama mengapa seseorang mengalami jerawat," tutur Shah, dikutip dari Health 24.

Shah mengatakan kebanyakan produk obat jerawat dan pembersih wajah saat ini membuat kulit wajah menjadi kering. Minyak kelapa membantu menjaga lapisan kulit sekaligus mencegah munculnya lesi dan luka akibat jerawat.

Pakar dermatologi dari Metropolitan Dermatology Institute Texas, dr Jennifer M Segal, mengatakan klaim ini tak bisa dipercaya begitu saja. Perlu ada penelitian ilmiah untuk membuktikan manfaat minyak kelapa bagi wajah.

Meski begitu, ia tidak menampik bahwa minyak kelapa memiliki sifat antiperadangan dan antimikroba. Karena itu sarannya adalah jika ingin menggunakan minyak kelapa, baiknya untuk pembersih wajah saja.

"Gunakan minyak kelapa untuk membersihkan wajah sepulang kerja atau pesta untuk menghilangkan make-up berlebih di wajah. Lalu bilas hingga bersih. Meninggalkan minyak kelapa di wajah justru akan menyumbat pori-pori," ujarnya.

Baca juga: Sering Jerawatan Bisa Tingkatkan Risiko Depresi


(mrs/hrn)
News Feed