Senin, 19 Feb 2018 09:45 WIB

Perlu Dicatat! Ini Trik Mudah Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Masalah kesehatan banyak sekali mengintai seluruh orang, baik yang menerapkan gaya hidup sehat atau tidak. Salah satunya yaitu tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering sekali dialami banyak orang. Pasien hipertensi harus mengonsumsi obat seumur hidup agar tekanan darahnya tetap normal.

Tapi, ada trik simpel yang bisa Anda ikuti untuk menurunkan tekanan darah tinggi dikutip dari health.com.

Baca juga: Bukan Cuma Hipertensi, Ini 8 Penyebab Seseorang Merasa Pusing

1. Bergerak

Bergerak tidak hanya berolahraga, berjalan kaki pun bisa dikatakan bergerak. Bergerak setidaknya 30 menit dapat menguatkan jantung Anda, juga membuatnya memompa dengan baik sehingga memengaruhi tekanan darah menjadi normal.

Selain itu, dengan bergerak bisa memengaruhi berat badan juga. Berat badan sangat berperngaruh pula pada tekanan darah. Penelitian dari Universitas South Carolina menunjukkan bahwa peningkatan berat badan bisa menyebabkan lonjakan tekanan darah tinggi.

2. Perbanyak konsumsi mineral

Mineral adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti potasium dan magnesium. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Hypertension menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi potasium dan magnesium yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik sebanyak dua sampai enam poin.

3. Mengonsumsi coklat

Coklat bukan hanya memiliki rasa yang lezat, tapi juga bisa membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian dari Universitas Yale menunjukkan antioksidan di dalam coklat (dark chocolate) memiliki fungsi besar. Pasalnya, mengonsumsi dark chocolate sekitar 1,5 ons atau secangkir coklat panas setiap hari bisa mengurangi tekanan darah tinggi sekitar tiga titik.

4. Meditasi

Ketenangan memang sangat berpengaruh pada kesehatan. Terbukti dari penelitian yang dipresentasikan di American Society of Hypertension bahwa mendegarkan musik klasik selama 30 menit ditemani dengan pernapasan perut yang lambat dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar empat poin.

Penelitian dari University of Kentucky bahkan mengatakan bahwa meditasi adalah obat kedua untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Tekanan Darah 130 Tergolong Hipertensi, Ini Cara Menurunkannya

(wdw/up)