Senin, 19 Feb 2018 10:37 WIB

5 Benda Paling Kotor di Meja Kerja yang Harus Sering-sering Dibersihkan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ada 5 benda yang paling kotor di meja kerja. Foto: Getty Images Ada 5 benda yang paling kotor di meja kerja. Foto: Getty Images
Jakarta - Umumnya, kita akan berpikir bahwa benda-benda yang ada di sekitar kita akan senantiasa bersih dan terjaga. Termasuk benda-benda berupa seperangkat alat komputer yang ada di meja kerja.

Sebaiknya mulai memperhatikan kebersihan meja kerja. Pasalnya, tanpa disadari, benda-benda tersebut ternyata menyimpan banyak bakteri.

Bahkan, banyak penelitian menemukan fakta bahwa benda-benda kantor seperti telepon dan keyboard lebih kotor dari dudukan toilet. Untuk itu Anda harus rutin membersihkan benda-benda tersebut. Seberapa sering? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Womens Weekly:

Baca juga: Tak Diduga, Benda-benda Ini Jadi 'Gudangnya' Kuman dan Bakteri
https://detik.com/health/read/2017/07/04/135839/3547576/763/tak-diduga-benda-benda-ini-jadi-gudangnya-kuman-dan-bakteri

1. Telepon kantor

Menurut infografik yang dilakukan oleh Cleaning Services Group di Inggris, ada sekitar 25.127 mikroba per inci persegi di telepon kantor. Bayangkan, itu hampir 500 kali lebih banyak dari dudukan toilet.

Lantas, seberapa sering sebaiknya Anda membersihkan telepon kantor? Para ahli menyarankan setidaknya seminggu sekali. Gunakan cottonbuds atau gunakan lap basah antibakteri untuk membersihkannya. Bisa juga sarankan langsung direct ke voicemail.

2. Keyboard

Keyboard kantor adalah item lain yang harus Anda perhatikan. Kapan pun Anda makan di meja kerja, bersin maupun lupa mencuci tangan setelah kembali dari kamar mandi, biasanya
keyboard kantor Anda yang terkontaminasi terlebih dahulu. Infografis juga menyatakan bahwa sekitar 80 persen infeksi biasanya menyebar dari kontak yang terkontaminasi sehingga jika Anda kerap jatuh sakit, tentu sudah tahu alasannya.

Jadi, jika Anda selalu makan di meja kerja, sebaiknya beri alas di meja dengan selembar kertas atau tisu agar lebih mudah membersihkannya

Begitu juga dengan keyboard tempat Anda mengetik. Apalagi jika Anda bekerja delapan jam tanpa henti setiap hari. Remah-remah bekas makan hingga keringat bisa saja menyebar di sela-sela keyboard sehingga menimbulkan 3.295 bakteri per inci persegi. Karenanya, sering-seringlah membersihkan area itu.

3. Mouse

Seperti keyboard, mouse Anda juga kotor. Mouse kantor berisi sekitar 1.676 mikroba per inci persegi. Jadi lap hingga bagian bawah mouse dengan lap antibakteri. Namun, sesering mungkin luangkan waktu untuk membersihkan mouse Anda dengan pembersih atau cotton bud.

4. Meja kerja sendiri

Siapa yang menyangka bahwa meja kerja Anda adalah hotspot untuk bakteri. Apalagi jika banyak barang tersimpan di sana dan Anda jarang membersihkannya. Oleh sebab itu sebaiknya sering-sering membersihkan meja kerja Anda setidaknya dua kali seminggu.

5. Layar komputer

Mungkin banyak yang berpikir bahwa layar komputer tidak benar-benar terkontaminasi dengan banyak kuman. Tetapi jangan lupa, setiap kali Anda bersin, batuk atau berbicara. Air liur dan kuman dapat mencemari layar komputer Anda.

Baca juga: Ini Daftar Alat Gym yang Konon Kontaminasi Kumannya Lebih Jorok dari Toilet (hrn/up)