Senin, 19 Feb 2018 17:01 WIB

Remaja di Gowa yang 'Bertelur' Didiagnosis Corpus Alienum, Apa itu?

Firdaus Anwar, Frieda Isyana Putri - detikHealth
Hasil rontgen menunjukkan ada dua butir telur dalam tubuh Akmal. (Foto: Yahya Maulana/detikcom) Hasil rontgen menunjukkan ada dua butir telur dalam tubuh Akmal. (Foto: Yahya Maulana/detikcom)
Jakarta - Seorang remaja asal Desa Mangempang, Gowa, Sulawesi Selatan, kembali membuat heboh karena mengeluarkan dua butir telur setelah sebelumnya mengeluh sakit perut. Akmal (14) 'bertelur' ketika masih dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Syech Yusuf Sungguminasa.

"Tadi malam dia sakit perut, jadi saya bawa ke puskesmas dan puskesmas rujuk ke sini," kata Rusli, orang tua Akmal seperti dikutip dari detikcom.

Baca juga: Ini Hasil Rontgen Remaja di Gowa yang Kembali Keluarkan Telur

Hasil rontgen memang menunjukkan ada dua butir telur di dalam tubuh Akmal. Diduga dirinya mengalami fenomena medis yang disebut corpus alienum.

Corpus alienum sendiri adalah istilah untuk benda asing dari luar yang tidak seharusnya ada dalam tubuh. Beberapa tempat di mana benda asing sering ditemukan seperti saluran napas, mata, hidung, kulit, perut, hingga anus.

Kebanyakan dokter yang menemui kasus corpus alienum akan berusaha untuk segera mengeluarkan benda asing tersebut karena berisiko timbulkan infeksi, inflamasi, atau mengeluarkan toksik.

Pada kasus Akmal sendiri dokter belum bisa menjelaskan bagaimana dua butir telur bisa berakhir di anusnya. Ahli saluran pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo menyebut, secara teori laki-laki tidak mungkin menghasilkan telur di dalam tubuhnya.

"Tidak mungkin jika ada telur. Logikanya bertelur hanya dilakukan oleh wanita, karena memiliki indung telur. Laki-laki tidak mungkin bertelur," kata dr Ari.

"Harus dipastikan kembali itu telur apa," tambahnya.

Baca juga: Penjelasan RS Soal Fenomena Remaja Gowa yang Kembali Bertelur (fds/up)
News Feed