Senin, 19 Feb 2018 17:32 WIB

Fenomena Manusia 'Bertelur' yang Tak Selalu Bisa Dijelaskan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Akmal (14), remaja asal Desa Mangempang, Kecamatan Sapaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bikin heboh karena bisa bertelur. (Foto: Yahya Maulana/detikcom) Akmal (14), remaja asal Desa Mangempang, Kecamatan Sapaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bikin heboh karena bisa bertelur. (Foto: Yahya Maulana/detikcom)
Jakarta - Baru-baru ini, netizen kembali digemparkan dengan adanya manusia 'bertelur'. Akmal (14), remaja asal Desa Mangempang, Kecamatan Sapaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan ini setelah mendapat perawatan di rumah sakit, ia kembali 'bertelur'.

Hasil foto rontgen rumah sakit menunjukkan dua butir telur berada di tubuh Akmal. Dua telur tersebut kini telah dikeluarkan. "Terakhir tadi jam sebelas siang bertelur lagi," kata Rusli, ayah Akmal.

Baca juga: Penjelasan RS Soal Fenomena Remaja Gowa yang Kembali Bertelur

Akmal mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Syech Yusuf Sungguminasa. Sebelumnya, Akmal menderita sakit perut, yang kemudian dibawa orang tuanya ke puskesmas, yang kemudian dirujuk ke rumah sakit.

Ini bukan kali pertama netizen dihebohkan dengan Akmal. Dua tahun lalu, ia menggegerkan dunia medis setelah mengeluarkan sembilan butir telur secara bertahap. Sebuah video yang menunjukkan detik-detik ia mengeluarkan telur tersebut pun viral di internet.

Tak hanya Akmal, pada tahun 2014 ada seorang kakek di daerah Penjaringan, Jakarta Utara mengaku bisa 'bertelur'. Di mata dokter ahli bedah saluran cerna, pengakuan ini kurang masuk akal terlebih karena telur-telur tersebut keluar dari dubur.

Baca juga: Heboh Kakek Bisa Bertelur, Dokter Bedah: Mungkin Dia Nelen Telur

Telur yang diaku Kakek Sinin, nama kakek tersebut, keluar dari tubuhnya diperiksa Dinkes DKI Jakarta di Rumah Sakit Hewan Bogor. Rupa-rupanya, sudah bisa dipastikan telur yang 'dikeluarkan' oleh Kakek Sinin adalah telur ayam.

Kakek Sinin bahkan sudah diinapkan di Rumah Sakit Koja untuk dipantau, namun tidak bertelur juga. Dinas Kesehatan DKI Jakarta menduga Kakek Sinin mempunyai gangguan perilaku.

Kakek Sinin juga pernah bikin heboh karena bisa 'bertelur'.Kakek Sinin juga pernah bikin heboh karena bisa 'bertelur'. Foto: Firdaus Anwar/detikHealth


Baca juga: Dinkes DKI: Mengaku Bertelur, Kakek Sinin Diduga Punya Gangguan Perilaku

Dalam dunia medis, kondisi yang dialami oleh Akmal dan Kakek Sinin biasa disebut dengan istilah corpus alienum. Artinya, benda asing di dalam tubuh. Seringkali ditemukan di rongga perut, tapi tidak jarang ditemukan di jaringan lain seperti di bawah kulit.

Beberapa kejadian yang dikaitkan dengan corpus alienum juga terjadi di tahun 2011 dan 2012. Bedanya, benda asing yang dikeluarkan bukan telur tetapi berbagai logam seperti jarum, paku, atau sendok dan garpu.

Dalam berbagai kasus tersebut, penyebab masuknya benda asing tidak selalu bisa dipastikan, karena fokusnya adalah menyelamatkan pasien dengan mengeluarkan benda asing tersebut. Benda yang tidak seharusnya ada di dalam tubuh dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan.

Hasil rontgen Akmal menunjukkan ada dua butir telur di rektum.Hasil rontgen Akmal menunjukkan ada dua butir telur di rektum. Foto: Yahya Maulana/detikcom


Baca juga: Percaya Nggak Percaya, Tapi Ini Nyata

(up/up)
News Feed