Selasa, 20 Feb 2018 13:12 WIB

6 Tanda Anda Mengidap Kista Ovarium

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 7
Tiap wanita memiliki dua ovarium yang berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon. Kista juga bisa timbul di daerah ini. Foto: Thinkstock Tiap wanita memiliki dua ovarium yang berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon. Kista juga bisa timbul di daerah ini. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kista dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita. Kista berbentuk seperti kantung berisi cairan yang dapat membesar. Hal ini sangat umum dan bahkan kadang tanpa gejala, tetapi jika dibiarkan terlalu besar bisa menjadi hal yang serius.

Dikutip dari Women's Health, Selasa (20/2/2018), Taraneh Shirazian, M.D mengungkapkan, "Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi dengan siklus Anda dan tidak memerlukan pengelolaan lebih lanjut."

Baca juga: Kena Kista Ovarium Atau Tidak? Cek Di Sini Gejalanya

"Tapi sekitar 20 persen wanita mengalami kista yang tidak sembuh sendiri, dan bisa dioperasi," lanjut ginekolog yang bekerja di NYU Langone Health ini. Fakta ini entah karena mereka memiliki kesempatan menjadi penderita kanker atau gejala mereka hanya kebetulan buruk.

Bagaimanapun, kebanyakan gejala kista ovarium masih tumpang tindih dengan masalah ginekologi lain seperti fibroid uterus dan bahkan PMS (misalnya: kembung dan nyeri panggul). "Siklus Anda datang dan pergi, jadi rasa sakit harus hilang, kan?" kata Shirazian. "Jika tidak, pergilah ke ginekolog dan paling tidak lakukan ultrasound (USG)."

Jika Anda mengalami 6 gejala kista ovarium ini, segera datangi ginekolog secepat mungkin. (wdw/up)
News Feed