Kamis, 22 Feb 2018 07:39 WIB

Begini Cara Korea Selatan Membuat Masyarakatnya Lebih Sehat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kimchi adalah salah satu budaya makanan Korea Selatan yang menyehatkan. Foto: istock
Jakarta - Beberapa budaya di Korea Selatan diklaim bisa membuat masyarakatnya lebih sehat, baik tubuh maupun pikirannya. Bahkan kebudayaan mereka bisa ditiru oleh negara-negara lainnya.

Lantas, budaya apa saja kah yang bisa menyehatkan masyarakatnya? Dikutip dari Huffington Post, perawatan kesehatan, hiburan, dan makanan lah rahasianya.

1. Makan kimchi

Sudah tidak asing lagi makanan korea ada di Indonesia, salah satunya kimchi. Makanan tradisional yang dimakan dengan sumpit ini biasanya terbuat dari kol, sawi, lobak yang dibumbui campuran bawang putih, garam, cuka, bubuk cabai dan bahan-bahan lainnya.

Karena mengandung bakteri baik dan probiotik bagus untuk kesehatan tubuh, kimchi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kimchi bisa menurunkan kadar kolesterol, membantu menjernihka penglihatan, mencegah kanker perut, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan imunitas.

Baca juga: Perayaan Kimchi di Google Doodle, Ini Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

2. Budaya K-pop

Budaya Korea Selatan satu ini sudah membahani hampir ke segala penjuru. Demam K-pop pasti ada di mana-mana, apalagi di Indonesia. Korea Selatan memberi nilai tinggi pada seni dan hiburan, terlebih budaya K-pop ini menghasilkan budaya film, teater, musik yang bernilai miliaran dolar.

"K-pop dikenal karena faktor kelucuannya yang tinggi, koreografi yang cepat dan kerlip yang menggiurkan, senyuman, serta lirik yang cenderung berbahagia atau membahagiakan," tulis Patrick Healy di The New York Times pada tahun 2013.

Ini adalah budaya yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang bahagia bisa meningkatkan kualitas mood seseorang.

3. Bela diri taekwondo

Seni bela diri Korea yaitu taekwondo memadukan pertahanan diri dan pertarungan. Aktivitas fisik ini menggunakan kekuatan tubuh dan pikiran untuk menciptakan kedamaian.

Ketika melakukan taekwondo, kita harus membuat pikiran damai dan menyinkronkan pikiran dengan gerakan, serta memperluas harmoni dengan kehidupan.

4. Perawatan kesehatan

Korea terkenal juga dengan berbagai macam perawatan kesehatan dan kecantikan. Sebuah penelitian tahun 2016 menemukan bahwa kualitas perawatan yang ditawarkan KOrea memiliki efek besar pada kepuasan sistem perawatan kesehatannya.

Dan dari 15 negara yang disurvei dalam jajak pendapat Ipsos 2013, warga Korea Selatan paling puas dengan perawatan medis mereka. Sebenarnya, mereka mencetak angka tertinggi di semua kategori dalam poling.

Baca juga: Foto: Orang-orang Korea Ini Makan Banyak Tapi Nggak Gendut-gendut

(wdw/up)