Kamis, 22 Feb 2018 14:43 WIB

5 Alasan Kenapa Diet Vegan Kamu Gagal

Widiya Wiyanti - detikHealth
Makan terlalu banyak bisa membuat vegan kamu gagal. Foto: iStock
Jakarta - Salah satu jenis diet yang banyak diterapkan orang untuk menurunkan berat badan adalah diet vegan. Yaitu dengan tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali dan memilih mengonsumsi sayuran ataupun makanan dari produk nabati.

Tetapi tak sedikit yang sudah menerapkan diet ini justru gagal, berat badan malah bertambah naik. Salah memilih makanan pengganti bisa jadi merupakan alasan kenapa diet vegan kamu gagal.

Alasan lainnya mengapa diet vegan yang kamu terapkan gagal, seperti dikutip dari health.com yaitu:

1. Porsi makan terlalu besar

Orang yang menerapkan diet vegan cenderung untuk mengonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang semuanya mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh.

Yang perlu diketahui, tubuh tidak melulu memerlukan nutrisi tersebut dalam jumlah yang sangat besar. Nutrisionis Alyssa Cohen menuturkan ada beberapa asupan produk nabati yang jika dikonsumsi berlebihan juga bisa membuat berat badan naik. Di antaranya kentang goreng.

Baca juga: Dilakukan Seperti Ini, Diet Vegan Justru Bisa Bikin Gemuk

2. Tidak cukup protein

Protein adalah nutrisi kunci untuk mempertahankan massa otot dan membantu metabolisme tubuh tetap baik. Kebanyakan orang mengambil protein dari hewani.

Ini lah yang sering tidak diperhatikan para vegan. Jangan karena tidak makan produk hewani maka tidak mendapatkan cukup protein. Padahal protein juga bisa didapatkan dari produk nabati, seperti tahu dan tempe.

3. Waktu makan yang tidak tepat

Para vegan terkadang lupa jika waktu makan bisa memengaruhi suksesnya diet. Terkadang mereka fokus untuk tidak makan malam.

Makan sepanjang hari bisa dan tidak makan di malam hari bisa jadi alasan berat badan justru meningkat karena kalap saat makan di siang hari. Cobalah untuk membuat jadwal makan dengan efektif.

4. Makan junk food organik

Biasanya hal ini menimbulkan salah kaprah dalam penerapan diet vegan. Beberapa orang mengira bahwa makanan apapun asal ada sayuran atau buah tak masalah, es krim kelapa atau keripik ubi misalnya.

Penelitian menemukan bahwa makanan olahan dapat menurunkan pembakaran kalori hampir 50 persen. Mulai sekarang, pilihlah makanan yang benar-benar sehat.

5. Minum terlalu banyak kalori

Mungkin beberapa orang mengira bahwa minum jus hijau, air kelapa, dan minuman lain tidak mengandung kalori yang tinggi. Ternyata salah, minuman-minuman itu tetap mengandung kalori yang bisa memengaruhi berat badanmu.

Baca juga: Festival Vegan Akan Digelar Maret-April 2018 di Jakarta


(wdw/fds)