Senin, 05 Mar 2018 10:09 WIB

Sally Hawkins, Pengidap Lupus yang Masuk Nominasi Oscar 2018

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sally Hawkins merupakan pengidap lupus, salah satu jenis penyakit autoimun. (Foto: Kevork Djansezian/Getty Images)
Jakarta - Salah satu nominator aktris terbaik Oscar 2018, Sally Hawkins, adalah seorang pengidap penyakit autoimun. Ia juga mengidap disleksia parah yang sempat mengganggu rasa percaya dirinya.

Aktris kelahiran Inggris 41 tahun lalu ini juga mengidap disleksia yang membuatnya sering merasa rendah diri. Bahkan hingga saat ini, ia selalu ingin bersembunyi saat ada yang mengenalinya.

Selain mengidap gangguan tumbuh kembang yang menghambat kemampuan belajarnya, Sally juga mengidap lupus. Ini adalah penyakit autoimun kronis yang sewaktu-waktu bisa muncul atau flare up.

"Saya sangat letih tapi itu tidak menghentikan saya. Saya sangat beruntung sih kebanyakan. Saya tidak lumpuh karenanya, seperti beberapa orang. Saya hanya perlu membuatnya stabil," kata Sally, dikutip dari The Sun.

Baca juga: Lihat Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2018

Hingga ia bisa menjadi setenar saat ini, Sally sangat berterima kasih pada kedua orang tuanya, Jacqui dan Colin. Keduanya adalah penulis-ilustrator untuk buku-buku anak.

"Saya didorong untuk menggambar dan melukis, dan mengekspresikan diri dan menciptakan sesuatu. Dan saya tidak di-push secara akademik. Saya bisa menjadi apa yang saya inginkan," tutur Sally.

"Orang tua saya punya etos kerja yang kuat tapi sikap mereka dalam hidup, filosofi mereka, adalah 'apapun yang membuatmu bahagia," lanjut Sally.

Film yang dibintanginya, The Shape of Water, meraih Best Production Design dalam gelaran Academy Awards ke-90 kali ini.

Baca juga: Piala Pertama untuk 'The Shape of Water' di Oscar 2018

(up/up)