ADVERTISEMENT

Senin, 05 Mar 2018 12:30 WIB

Susah BAB? Atasi dengan 6 Makanan Tinggi Serat Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Atasi dengan susah buang air besar dengan 6 makanan tinggi serat ini/Foto: thinkstock
Jakarta - Konstipasi atau sembelit adalah kondisi ketika seseorang kesulitan buang air besar (BAB). Hal ini dikarenakan tinja mengeras dan kering sehingga sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, kondisi ini juga membuat perut terasa sesak dan tidak nyaman.

Jika memang mengalami kesulitan buang air besar, jangan terburu-buru mengonsumsi obat pencahar untuk mengatasinya. Untuk konstipasi ringan, masih bisa diatasi dengan mengatur kembali pola makan, yaitu dengan asupan serat yang diperoleh dari buah, sayur dan kacang-kacangan.

Seperti dikutip dari Women's Weekly, adapun jenis asupan kaya serat yang bisa membantu mengatasi konsiptasi adalah sebagai berikut:

Baca juga: Lakukan Ini Jika Anda Berhari-Hari Tidak BAB

1. Aneka buah beri

Buah beri seperti stroberi maupun blackberry termasuk buah yang memiliki banyak serat sehingga membantu melancarkan buang air besar. Di samping itu, buah-buahan ini juga mengandung rendah kalori, bisa dikonsumsi sebagai dessert alias makanan penutup.

Susah BAB? Atasi dengan 6 Makanan Tinggi Serat IniBuah beri termasuk buah yang memiliki banyak serat sehingga membantu melancarkan buang air besar/Foto: iStock


2. Popcorn

Popcorn adalah salah satu makanan kaya serat yang pas untuk dikonsumsi ketika sedang bermasalah pada pencernaan. Sembelit bisa diatasi dengan olahan gandum satu ini karena kalorinya yang rendah, namun sebaiknya hindari mengonsumsi popcorn mentega. Sebagai gantinya, pilih rasa original atau alami.

3. Chia seed

Biji-bijian seperti chia seeds sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan. Chia seed atau flaxseed ini mengandung banyak serat yang bisa menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar.

Susah BAB? Atasi dengan 6 Makanan Tinggi Serat IniChia seed mengandung banyak serat yang bisa menyehatkan pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar/Foto: iStock


4. Oatmeal

Oat penuh serat yang akan membantu menyerap air, melunakkan kotoran sehingga membuatnya mudah dikeluarkan. Oatmeal juga mengandung serat larut yang meningkatkan kotoran menjadi padat dan menggerakkan usus.

5. Kiwi

Kiwi mengandung lebih sedikit fruktosa gula alami dibandingkan buah lainnya namun tetap super lezat. Satu porsi kiwi mengandung 3,4 gram serat dan merupakan sumber vitamin C yang kaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Bayam

Bayam memiliki kaya akan serat dan magnesium, yakni mineral yang bisa mengendurkan otot-otot usus, sehingga membantu menggerakkan kotoran keluar.

Baca juga: Manfaat Sehat Kiwi: Cegah Konstipasi Hingga Hingga Bantu Perbaiki Mood (hrn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT