Senin, 05 Mar 2018 14:35 WIB

Mengenal Ochlophobia, Fobia Takut Keramaian

Suherni Sulaeman - detikHealth
Mengenal ochlophobia, fobia takut keramaian/Foto: Thinkstock Mengenal ochlophobia, fobia takut keramaian/Foto: Thinkstock
Jakarta - Fobia artinya rasa ketakutan atau kecemasan yang berlebihan pada suatu hal atau fenomena. Fobia bersifat tidak rasional dan sulit dimengerti. Bahkan fobia bisa menghambat kehidupan seseorang yang mengalaminya.

Seperti halnya pada orang yang mengalami ochlophobia atau orang yang merasa takut dengan keramaian atau kerumunan. Orang dengan rasa takut ini pasti menghindari tempat-tempat yang ramai atau padat penduduknya. Orang dengan ochlophobia kerap menyendiri di rumah dan jarang bersosialisasi.

Menurut sumber yang dikutip dari Common Phobias, secara umum, penyebab munculnya fobia ini dikombinasi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal bisa saja karena kejadian traumatis sebelumnya, seperti tersesat di keramaian, pernah terinjak-injak atau terluka dalam kerumunan. Sementara faktor internal adalah cenderung karena keturunan atau genetika.

Mengenai gejala, sama dengan fobia lainnya. Biasanya meliputi kecemasan ekstrem, ketakutan atau apapun yang berhubungan dengan kepanikan seperti sesak napas, detak jantung tidak teratur, berkeringat hingga berlebihan, mual, ketidakmampuan untuk mengartikulasikan kata atau kalimat, mulut kering dan gemetar.

Baca juga: Takut Jatuh Cinta Hingga Takut Keju, 5 Fobia Paling Unik

Ketakutan ini mungkin saja bisa diatasi dengan obat-obatan, akan tetapi perlu dicatat bahwa obat-obatan tersebut tidak bisa menyembuhkan fobia ini, paling banter hanya menekan sistem untuk sementara waktu. Namun, ada perawatan untuk fobia ini, di antaranya termasuk konseling, hipnoterapi, psikoterapi, dan pemrograman Neuro-Linguistik.

Baca juga: Makna di Balik Fobia yang Dimiliki Seseorang, Kamu Termasuk yang Mana? (hrn/up)
News Feed