Selasa, 06 Mar 2018 08:08 WIB

4 Manfaat Sehat Alpukat yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Beragam penelitian ilmiah sudah membuktikan alpukat memiliki banyak manfaat sehat. Foto: iStock Beragam penelitian ilmiah sudah membuktikan alpukat memiliki banyak manfaat sehat. Foto: iStock
Jakarta - Alpukat bukan sekadar enak untuk dijadikan jus. Beragam penelitian ilmiah sudah membuktikan alpukat memiliki banyak manfaat sehat.

Untuk mendapatkan manfaat sehat alpukat, syaratnya adalah memakan daging buahnya secara utuh. Bukan dengan dijadikan jus yang malah ditambahkan gula dan susu kental manis.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 manfaat sehat alpukat yang sudah terbukti secara ilmiah:

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Alpukat yang Perlu Anda Tahu


1. Kontrol tekanan darah

Peneliti dari Department of Nutritional Sciences, Pennsylvania State University, melakukan penelitian kepada 45 orang yang mengidap obesitas. Mereka diminta untuk menambahkan porsi alpukat dalam menu makanan harian, satu buah per hari.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association menemukan bahwa konsumsi satu buah alpukat dapat menurunkan tekanan darah hingga 13,5 mm/Hg. Dikatakan peneliti, jika konsumsi alpukat dilakukan secara rutin, dan menerapkan pola diet sehat, pasien hipertensi stadium ringan bisa tidak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan.

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa konsumsi alpukat secara rutin mampu menjaga efektivitas insulin. Hal ini sangat bermanfaat bagi para pengidap diabetes tipe 2, atau bahkan pasien pradiabetes.

2. Cegah stroke dan serangan jantung

Dr Paul Sanders dari University of Alabama, Birmingham, melakukan penelitian untuk melihat manfaat kalium dan potassium pada pisang dan alpukat untuk kesehatan jantung.

Pisang dan alpukat dapat menghentikan penyumbatan fatal dengan mencegah pengerasan arteri. Hal ini diduga karena kadar potassium yang rendah dalam darah yang mencegah ekspresi gen yang menjaga fleksibilitas arteri, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation Insight.

Baca juga: Waspadai 4 Gejala Stroke Ringan

3. Perlambat penuaan otak

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Aging Neuroscience, tim ahli menemukan kandungan lutein yang ada pada alpukat dapat membantu memperlambat penuaan otak.

Orang tua yang memiliki tingkat lutein lebih tinggi menunjukkan respons saraf yang setara dengan orang yang lebih muda yang memiliki kadar lutein lebih rendah.

Selain alpukat, lutein juga bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan juga kangkung.

4. Mencegah penyakit ginjal

Nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan bahwa bagi mereka yang memiliki masalah dengan penyakit ginjal, konsumsi buah alpukat sangat dianjurkan.

Menurut Jansen, salah satu kelebihan dari alpukat adalah buah ini memiliki kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Kandungan ini diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, yang membantu bagi pasien penyakit ginjal.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Gagal Ginjal (mrs/up)