Selasa, 06 Mar 2018 19:47 WIB

Ada Benjolan Mencurigakan, Bayi Ini 'Mengandung' Kembarannya Sendiri

Widiya Wiyanti - detikHealth
Fetus in fetu di India. Foto: Youtube/News-Channel
Jakarta - Orang tua Prinsa Rathava, bayi berusia tujuh bulan, khawatir mengenai kondisi perut mungil Prinsa yang tumbuh benjolan. Seperti sedang hamil, namun mana mungkin bayi yang belum genap satu tahun itu bisa hamil?

Manisha dan Motisingh, orang tua Prinsa akhirnya membawanya ke Rumah Sakit Sipil di Gujarat, India. Ternyata yang ada di dalam perut Prinsa adalah janin. Kondisi tersebut membuat kaget banyak pihak.

"Orang tua anak itu melihat adanya benjolan pada anak itu tapi mengabaikannya. Ini biasa terjadi saat anak berumur lima bulan," ujar kepala departemen bedah anak, dr Rakesh Joshi, dikutip dari The Sun.

Prinsa mengalami kasus langka yang disebut fetus in fetu, di mana janin terjebak di dalam tubuh saudara kembarnya. Hanya ada sekitar 200 kasus yang dilaporkan di seluruh dunia.

Baca juga: Remaja Laki-laki 'Melahirkan' di Grobogan, Ternyata Begini Ceritanya

Kasus langka Fetus in fetuKasus langka Fetus in fetu Foto: Youtube/News-Channel
Akhirnya, Prinsa menjalani prosedur operasi. Janin seberat 130 gram dikeluarkan dari perut bayi mungil tersebut. Prosedur ini perlu dilakukan guna membiarkan Prinsa tumbuh dan kembang layaknya anak yang lain.

"Dalam kasus ini, janin yang belum berkembang memiliki vertebra normal, jaringan otak, kepala, tungkai, dan lesung pipi," jelas dr Rakesh.

dr Rakesh mengatakan bahwa operasi yang dilakukan pun cukup sulit karena janin yang belum berkembang itu terletak di belakang usus dan di antara kedua ginjal.

"Pembentukan ini disebabkan oleh pemisahan kembar yang tidak lengkap, yang gagal tumbuh dan malah menjadi bagian internal kembar pada tubuh saudara kembarnya," tuturnya.

Beruntungnya, operasi tersebut tidak menimbulkan komplikasi yang berbahaya untuk masa depan kesehatan Prinsa. Ia pun bisa tumbuh secara normal.

Baca juga: Heboh Remaja Laki-laki 'Melahirkan', Ini Kemungkinan yang Terjadi


(wdw/up)