Jumat, 09 Mar 2018 17:32 WIB

Ini Cara Bedakan Luka di Mulut Sariawan atau Bukan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan mulut yang paling sering dialami. Namun ternyata, tidak semua luka yang terjadi pada area mulut tersebut dapat dikatakan sariawan. Setidaknya ada beberapa indikator untuk menyimpulkan bahwa luka tersebut adalah sariawan.

"Sariawan adalah penyakit yang terjadi di seluruh dunia, selama hidup pasti minimal satu kali kena sariawan. Kegigit lah, sebelum menstruasi lah, itu hal-hal yang paling banyak jadi penyebabnya," kata Drg Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia dalam sela program edukasi 'Infeksi Rongga Mulut (Sariawan) dan Rekomendasi Pengobatan yang Aman' dari Betadine, Jumat (9/3/2018), Menteng, Jakarta Pusat.

Drg Rahmi menjelaskan setidaknya untuk menyebutkan bahwa luka dalam mulut adalah sariawan harus menggunakan sejumlah indikator sebagai tanda khas. Apa saja kah itu?

Baca juga: 5 Metode Sederhana untuk Redakan Sariawan

1. Bentuknya kawah

"Bentuknya harus kawah, jadi semua yang bukan cekungan mungkin bukan sariawan, apalagi bintil-bintil, bukan sariawan," tutur dokter yang juga Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia.

Untuk banyaknya sendiri, tidak melulu sariawan yang muncul hanya satu buah. Ada kemungkinan muncul sariawan pada beberapa tempat berbeda dan ini adalah hal yang normal selama masih memenuhi indikator.

Baca juga: Terapi 'Andalan' Saat Sariawan, Ditempeli Cabai atau Kumur Air Garam?

2. Berbentuk oval

Sariawan juga berbentuk bulat atau oval yang disertai dengan pinggiran merah karena sariawan disebabkan oleh peradangan. Jika bentuknya tidak bulat maka perlu diwaspadai hal tersebut.

"Kalau kegigit dia awalnya mungkin tidak bulat, tapi lama kelamaan akan berbentuk bulat," jelas drg Rahmi.

Dasar lukanya pun juga harus berwarna putih kekuningan. Apabila menemukan bercak atau luka dengan bentuk berbeda, jangan segan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter.

3. Muncul rasa sakit

Ketika Anda merasakan sakit pada luka yang ada di dalam mulut, disertai dengan bentuk yang bulat atau oval, pinggirannya merah, dan memiliki dasar luka berwarna putih kekuningan, makan dapat disimpulkan ini adalah sebuah sariawan klasik. Satu hal lagi yang harus diperhatikan, sariawan juga harus terasa sakit.

"Harus sakit, kalau sariawan enggak sakit mungkin bukan sariawan," tambahnya.

Sariawan dibagi beberapa berdasarkan keparahan lapisan. Secara klinis dibagi 3 tipe (minor, mayor, herpetiform). Untuk penyebabnya belum diketahui secara pasti karena masalah kesehatan yang satu ini terbilang kompleks.

"Penyebab utamanya mau carinya kemana saja enggak tau saking kompleksnya, tapi faktor pemicunya banyak, terhitung ada 10 sampai 15," tutupnya.

Baca juga: Waspadai Sariawan yang Muncul Lebih dari 2 dan di Satu Bagian Mulut Saja (ask/fds)
News Feed