Sabtu, 10 Mar 2018 09:07 WIB

Cukupi Kebutuhan Tidur Bisa Tingkatkan Kepuasan Bercinta

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Pengaruh buruk kurang tidur bukan sekadar tubuh lemas dan mengantuk. Penelitian menyebut kurang tidur juga bisa turunkan kepuasan bercinta.

Laurie Mintz, pakar seksologi sekaligus penulis buku A Tired Woman's Guide to Passionate Sex, menyebut tidur sama pentingnya seperti olahraga untuk kepuasan bercinta. Memenuhi kebutuhan tidur berarti mengurangi faktor risiko terbesar bercinta tidak memuaskan, yakni seks.


"Wanita memiliki dua masalah besar, yakni kurang tidur dan kurang bergairah. Hanya dengan tambahan satu jam tidur saja bisa meningkatkan tingkat kepuasan bercinta 14 persen di keesokan harinya," tutur Laurie, dikutip dari Daily Mail.

Masalah ini mungkin akan dirasakan lebih berat oleh wanita yang sudah memasuki fase menopause. Seperti yang kita tahu, wanita yang sudah memasuki fase menopause rentan mengalami hot flash sehingga kualitas tidurnya menurun.

Laurie mengatakan masalah hot flash mungkin tidak dialami oleh wanita muda. Namun tetap saja, mereka tetap bisa merasakan stres, yang bisa berpengaruh juga terhadap menurunnya kualitas tidur.

Hal ini menurutnya lazim terjadi pada ibu-ibu baru. Mengurus anak, apalagi jika ibu bekerja penuh waktu, berisiko membuat ibu mengalami insomnia.

"Karena itu sebisa mungkin, wanita harus mendapatkan tidur yang cukup. Dengan begitu, kadar kortisol akan menurun, sehingga gairah bercinta tetap ada, dan kepuasan bertambah," ujarnya.

(mrs/up)
News Feed