Minggu, 11 Mar 2018 15:16 WIB

Penting! Ini yang Terjadi Jika Terlalu Lama Menahan BAB

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Para ahli menyarankan untuk tidak membiasakan diri berlama-lama menahan BAB (Foto: Thinkstock) Para ahli menyarankan untuk tidak membiasakan diri berlama-lama menahan BAB (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Ketika perut terasa mulas, itu adalah panggilan alam untuk menyegerakan Buang Air Besar (BAB). Bahkan bintang Real Madrid, Sergio Ramos, pun mengalaminya di tengah pertandingan melawan Eibar baru-baru ini.

Untungnya, pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Real Madrid. Bayangkan jika klub raksasa ini sampai kalah hanya karena sang defender kebelet BAB, pasti akan terasa sangat memalukan.

Walau begitu, keputusan Ramos untuk minta izin meninggalkan lapangan untuk ke belakang di menit ke-73 sepertinya sangat tepat. Bagaimanapun, perut mulas adalah sinyal penting terkait kesehatan sistem pencernaan. Jika memang harus BAB, maka sebaiknya tidak ditunda-tunda.



Memangnya, apa sih bahayanya menahan BAB? Dirangkum dari womenshealthmag, berikut ini penjelasan Niket Sonpal, MD, seorang dokter di New York. (up/up)
News Feed