Minggu, 11 Mar 2018 18:14 WIB

Sembelit Sejak Lahir, Pria Ini Dioperasi untuk Keluarkan Isi Perutnya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Hirschprungs Disease membuat seorang pria di Shanghai nyaris tak bisa BAB selama 22 tahun (Foto: thinkstock) Hirschprung's Disease membuat seorang pria di Shanghai nyaris tak bisa BAB selama 22 tahun (Foto: thinkstock)
Jakarta - Jika bintang Real Madrid Sergio Ramos tidak bisa menahan 'panggilan alam' ketika perutnya mulas, seorang pria di Shanghai mengalami hal yang sebaliknya. Selama 22 tahun ia nyaris tidak pernah bisa menjawab 'panggilan alam' tersebut.

Pria yang tidak disebutkan namanya tersebut diyakini mengalami sembelit atau konstipasi sejak lahir. Ia mengidap Hirschprung's Disease, penyakit yang membuat ususnya membengkak karena saraf untuk mengontrol lambungnya tidak berfungsi.

Dokter menyebut pria ini seperti tengah hamil 9 bulan karena perutnya membengkak. Ususnya dipenuhi feses atau tinja yang terperangkap selama bertahun-tahun.

Melalui operasi, para dokter di Tenth People's Hospital di Shanghai berhasil mengeluarkan usus yang membengkak tersebut. Dikabarkan, ada lebih dari 28 pound atau sekitar 13 kg feses di dalamnya.



Pria tersebut mengaku sering mengalami sembelit dan selalu butuh laksansia atau pencahar. Itupun, hanya memberinya pertolongan jangka pendek. Hingga akhirnya ia datang ke rumah sakit, lalu dokter menemukan ususnya 'hampir meledak'.

Butuh waktu sekitar 3 jam untuk mengeluarkan usus berisi feses yang menumpuk tersebut. Demikian disampaikan dr Yin Lu, seperti dikutip dari Inverse Science.

Dikutip dari Medicinenet, Hirschprung's Disease merupakan kelainan bawaan pada usus besar. Saraf yang dibutuhkan untuk bisa buang air besar dengan lancar, tidak dimiliki oleh pengidap penyakit ini.

Disebutkan, Hirschprung's Disease ditemukan pada 1 di antara 5.000 bayi baru lahir. Gejalanya antara lain tidak ada pergerakan usus dalam 48 jam setelah lahir, muntah dan gangguan pencernaan lainnya, serta perut yang membengkak.



(up/up)
News Feed