Jumat, 16 Mar 2018 07:40 WIB

Tak Bisa Asal-asalan, Begini Cara Mengobati Bisul yang Benar

Suherni Sulaeman - detikHealth
Ada obat yang bisa dipakai untuk terapi bisul. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Ada obat yang bisa dipakai untuk terapi bisul. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -
Walaupun penyakit bisul merupakan salah satu penyakit yang masih terbilang ringan, akan tetapi terkadang banyak yang masih bingung atau belum tepat dalam hal bagaimana cara mengobatinya.
Menurut dokter spesialis kulit, dr Galih Manggala, untuk menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan, bisul sebenarnya bisa diobati dengan menggunakan obat salep yang telah banyak tersedia di apotek maupun di toko obat.
"Cara mengobati bisul sebenarnya cukup diberikan salep antibiotik dan dilakukan pengompresan," kata dr Galih kepada detikHealth.
"Tapi sebaiknya pasien berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar dapat didiagnosa dan di terapi dengan tepat," anjurnya.
Menurut dr Galih, apabila bisul tersebut tidak membaik ataupun bisul tersebut malah bertambah parah biasanya dokter akan mengambil sebagian nanah dan melakukan pemeriksaan laboratorium.
"Biasanya dokter akan mengambil sebagian dari nanah dan melakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mengetahui jenis dan antibiotik yang cocok," tandas dr Galih.
Bisul sendiri disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus aureus. Faktor-faktor terjadi bisul di antaranya adalah kurangnya menjaga kebersihan dan orang-orang dengan penyakit tertentu, seperti diabetes dan HIV atau juga penggunaan obat tertentu yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.


(hrn/up)
News Feed