Rabu, 21 Mar 2018 12:54 WIB

Sederet Artis Ini Pernah Terdiagnosis Bipolar, Moodnya Berubah-ubah (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 7
Foto: Larry Busacca/Getty Images for NARAS Foto: Larry Busacca/Getty Images for NARAS
Jakarta - Gangguan bipolar atau depresi manik dapat diidap oleh siapa saja, bahkan para artis sekalipun. Gangguan yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem dari fase manik yang enerjik menjadi fase depresi yang lesu.

Dalam situs MayoClinic, disebutkan bahwa penyebab pasti dari gangguan ini belum diketahui, namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seperti adanya ketidakseimbangan dalam pemancar saraf di otak dan riwayat genetik.

"Ini tergantung hormonal dan neurokimia di otaknya. Ada tidaknya ketidakseimbangan di antara keduanya. Bisa juga karena trauma masa lalu, genetik atau turunan, atau terpicu oleh konflik tertentu," jelas Prof Dr dr Syamsul Hadi, SpKJ (K), psikiater dari RSUD Dr Moewardi Surakarta kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada juga faktor risiko tinggi dari gangguan bipolar, yaitu stres tinggi, pengalaman traumatik. Oleh karena itu, seringkali para artis yang mendapat tekanan tinggi dari lingkungannya mengidap gangguan bipolar, seperti artis-artis berikut ini:

(Frieda Isyana Putri/up)
News Feed