Senin, 26 Mar 2018 12:35 WIB

Gajah Liar Terekam 'Merokok', Diduga untuk Singkirkan Racun

Firdaus Anwar - detikHealth
Sekilas sang gajah tampak seperti sedang merokok. (Foto: Youtube/IBTimesUK) Sekilas sang gajah tampak seperti sedang merokok. (Foto: Youtube/IBTimesUK)
Jakarta - Seekor gajah di Nagarahole National Park menarik perhatian peneliti karena terekam menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Sang gajah tampak memungut sesuatu dari tanah, memasukannya ke mulut, lalu menghembuskan asap seperti layaknya orang merokok.

Ahli biologi Varun Goswami dari Wildlife Conservation Society (WCS) mengatakan apa yang dikonsumsi oleh gajah adalah arang kayu. Petugas hutan memang kadang memulai kebakaran kecil sebagai cara untuk mengendalikan kasus kebakaran yang lebih besar.

"Gajah ini tampaknya mengambil potongan arang dari lantai hutan, meniup abunya, dan memakan bagian yang tersisa," kata Varun seperti dikutip dari Live Science, Senin (26/3/2018).

Menurut peneliti kemungkinan gajah menunjukkan perilaku ini karena sadar manfaat mengonsumsi arang. Arang diketahui dapat mengikat dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Hal tersebut yang mungkin sedang dilakukan oleh gajah, berusaha mengeluarkan zat beracun di dalam tubuhnya.

"Arang punya sifat bisa mengikat racun sehingga ada nilainya sebagai obat," kata Varun.

Di dunia medis arang aktif sendiri sudah lama digunakan untuk kasus darurat keracunan. Beberapa dokter bahkan ada yang menggunakannya untuk mengurangi efek samping kemoterapi atau dialisis jangka panjang.
(fds/up)
News Feed