Rabu, 28 Mar 2018 12:35 WIB

Doyan Barbeque? Waspada Peningkatan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Penelitian terbaru dari Amerika Serikat menyebut kebiasaan barbeque berkaitan dengan peningkatan risiko mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Barbeque merupakan menu populer untuk disantap bersama keluarga dan sahabat. Namun studi terbaru dari Amerika Serikat menyebut doyan barbeque memiliki keterkaitan dengan peningkatan risiko tekanan darah.

Dr Gang Liu dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Boston, menyebut doyan mengonsumsi daging, ikan atau ayam dengan tingkat kematangan well-done saat barbeque berisiko meningkatkan tekanan darah. Hal ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan kepada lebih dari 90 ribu orang.


"Penelitian kami menemukan risiko hipertensi dan darah tinggi lebih besar pada kelompok yang memasak dengan api terbuka, barbeque, dan temperatur tinggi, termasuk memanggang dan membakar," tutur dr Liu, dikutip dari Reuters.

Studi dilakukan dengan menganalisis kebiasaan makan partisipan, yang lalu dibandingkan dengan apakah tekanan darahnya tinggi atau tidak. Hasil studi lalu dipublikasikan dalam acara American Heart Association pekan lalu.

Makan barbeque dan sejenisnya lebih dari 15 kali per bulan disebut dapat meningkatkan risiko darah tinggi hingga 17 persen. Risiko ini bertambah lagi 15 persen pada orang-orang yang menyukai tingkat kematangan well-done saat barbeque.

dr Liu menyebut kaitan daging merah dengan risiko kanker dan hipertensi sudah banyak diteliti. Nah, memasaknya dengan cara dibakar dan dipanggang ala barbeque membuat risiko penyakit semakin meningkat.

Peneliti menduga tingginya risiko darah tinggi terkait dengan produksi hormon-hormon buruk dari daging, ayam dan ikakn saat dibakar. Konsumsi makanan-makanan yang dibakar dan dipanggang juga menyebabkan munculnya reaksi stres oksidatif dan risiko inflamasi pada tubuh.

(mrs/up)